Transformasi program Layanan: Tim Perpustakaan SMAN 6 Yogyakarta Kunjungi Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta

08 Sep 2024, 11:30 MAN 1 Yogyakarta 59

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) – Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta menerima kunjungan tim Perpustakaan SMAN 6 Yogyakarta dalam rangka Sharing Perustakaan di Gedung SBSN Perpustaakan dan Lab Terpadu MAN 1 Yogyakarta lantai satu pada hari Selasa (3/9/2024).

Tujuan dari Sharing Perpustakaan ini adalah untuk mempelajari sistem manajemen koleksi, pelayanan digital, serta inovasi ruang baca di Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu perpustakaan satuan pendidikan terkemuka di Yogyakarta dengan koleksi yang lengkap, layanan berbasis teknologi modern, dan berbagai program literasi inovatif untuk siswa.

Kepala SMAN 6 Yogyakarta Sri Murni, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan “kami menghaturkan terimakamsih kepada MAN 1 Yogyakarta yang telah menerima kami, mudah-mudahan sharing ini akan menjadi budaya silaturrahmi antara SMAN 6 Yogyakarta dan MAN 1 Yogyakarta. Kami sangat berharap perpustakaan di tempat kami bukan hanya menjadi sumber belajar, tetapi juga menjadi sarana rekreasi dan tempat penelitian siswa seperti di perpustakaan MAN 1 Yogyakarta.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menerima secara langsung kunjungan ini, beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim perpustakaan SMAN 6 Yogyakarta yang telah bersilaturrahmi ke  perpustakaan MAN 1 Yogyakarta. “terimakasih sudah bersilaturrahmi ke MAN 1 Yogyakarta, kami berharap akan hadir Kerjasama-kerjasama lain dalam berbagai bidang antara MAN 1 Yogyakarta dan SMA N 6 Yogyakarta demi kemajuan Pendidikan di Yogyakarta hususnya dan di Nusantara pada umumnya” tutup Wiranto.

Dalam sharing ini, tim perpustakaan MAN 1 Yogyakarta yang diwakili oleh kepala perpustakaan Ervania, S.Pd, M.Pd. memaparkan beberapa informasi penting diantaranya:

1.     Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta meliputi 2 (dua) gedunng, yaitu gedung timur (SBSN) yang digunakan sebagai tempat koleksi buku-buku literasi dan gedung barat yang digunakan sebagai tempat koleksi buku-buku pelajran, referensi, dan terbitan berkala

2.     Koleksi perpustakaan MAN 1 Yogyakarata berjumlah 1.174 judul, 76.808 eksemplar yang terdiri dari buku pelajaran, buku teks, buku referensi, karya ilmiyah, kliping, majalah, kumpulan soal, dan cd-dvd.

3.     Total jumlah anggota perpustakaan yaitu, 1.632 terdiri dari kepala madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa dengan anggota aktif sejumlah 925 siswa.

4.     Rata-rata jumlah pengunjung setiap harinya sekitar 250 pengunjung dengan 120 transaknsi peminjaman.

Selain informasi di atas, Ervania juga memaparkan beberapa program inovatif serta program layanan perpustakaan MAN 1 Yogyakarta, diantaranya, Penghargaan King and Queen of Readers, semua membaca, semua menulis, parade literasi, gerakan wakaf buku, duta literasi kelas, layanan keanggotaan, layanan sirkulasi, layanan referensi,layanan OPAC (Open Public Access Catalogue), layanan koleksi digital, layanan bebas Pustaka, dan program layanan lainnya.

Selama kunjungan, tim Perpustakaan SMAN 6 Yogyakarta berdiskusi dengan pustakawan MAN 1 Yogyakarta mengenai strategi pengelolaan perpustakaan dan digitalisasi arsip. Mereka juga diajak berkeliling ke berbagai area perpustakaan dan tempat-tempat strategis di MAN 1 Yogyakarta. (ha)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45

MAN 1 Yogyakarta Adakan Pelatihan P3K untuk Guru dan Tenaga Kependidikan
09 Sep 2024, 14:06