Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal

10 Sep 2024, 18:45 MAN 1 Yogyakarta 138

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) -- Menghadapi tantangan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang semakin membutuhkan kemampuan lebih, guru-guru bahasa yang tergabung dalam Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta mengadakan pertemuan MGMP internal di aula MAN 1 Yogyakarta.  Kegiatan MGMP internal yang dilaksanakan pada Selasa (10/9) ini dihadiri seluruh guru bahasa di MAN 1 Yogyakarta yang terdiri atas guru Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Prancis, dan Bahasa Jawa. Hadir juga pada pertemuan tersebut kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., serta wakil kepala madrasah bidang kurikulum, Taufik Zamhari. M.Sc.

Dalam sambutannya, Wiranto menyampaikan bahwa kegiatan MGMP Rumpun Bahasa tingkat internal ini  diharapkan bisa menjadi pembelajaran yang dapat saling sharing, berbagi berbagai metodologi dalam mengajar, dari masing-masing guru pengampu bahasa. Kegiatan ini menjadi tantangan bagi semua guru agar dapat menjadi yang terbaik, sehingga bisa menjadi contoh bagi guru-guru lainnya  baik di tingkat rumpun maupun di tingkat madrasah. Wiranto berharap perbedaan ini dapat dijadikan contoh, metode apa yang paling pas, atau yang paling tepat bagi  guru-guru dalam memberikan materi pelajaran kepada siswanya.

"Pertemuan MGMP internal rumpun ini juga bisa untuk penilaian guru yang inovatif dalam pembelajaran yang diampunya di kelas. Guru siap untuk menjadi guru yang profesional. Diharapkan, kegiatan ini dapat dilangsungkan setiap bulan, minimal 2 kali dalam satu semester agar dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru di MAN 1 Yogyakarta," tambahnya.

Detty Prasetyaningrum, S.Pd. guru bahasa Inggris di MAN 1 Yogyakarta menyampaikan materi "Gamifikasi dalam Pembelajaran". Materi ini  digunakan untuk memberikan penyegaran bagi siswa dalam pembelajaran. Aplikasi gim yang bisa digunakan adalah Canva, Educaplay, dan Wordwall. Educaplay dapat digunakan untuk tes diagnostik siswa. Game permainan yang menarik dapat membuat siswa bersemangat dalam belajar di kelas apalagi pada jam-jam akhir KBM.

Sedangkan, Listya Sulastri Wulan Kurniati, M.A. menyampaikan materi “Transformasi Film ke dalam Bentuk Puisi” yang digunakan dalam penyampaian materi menulis puisi di kelas Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut. Materi menulis puisi diharapkan dapat lebih mudah ketika siswa diberikan tayangan film pendek yang dapat diubahnya ke dalam bentuk puisi. (wk)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pukau Asesor, Kepala MAN 1 Yogyakarta Presentasikan Program Unggulan
17 Sep 2024, 14:30

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45