Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini

15 Sep 2024, 11:18 MAN 1 Yogyakarta 134

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta)- Kembali, nama MAN 1 Yogyakarta berkibar di kancah nasional bulan September ini. Ramadani Adinata, siswa kelas XII A mengalungi medali emas, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,- dalam olimpiade Kimia, Gelar Teknologi Kimia Tingkat Nasional dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lomba diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta, di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Olimpiade Kimia tersebut dilaksanakan pada Ahad hingga Senin (8-9/9) diikuti oleh siswa-siswi SMA/MA sederajat tingkat nasional. Lomba ini diadakan untuk mengembangkan bakat siswa-siswi SMA/ MA sederajat dalam bidang kimia, dan diharapkan dapat  melahirkan siswa-siswi yang berkompeten di masyarakat, serta bertujuan untuk membantu siswa meraih prestasi. Lomba terdiri atas 2 babak, babak penyisihan dan babak final. Untuk babak penyisihan para peserta diminta mengerjakan 40 soal dalam 1,5 jam, dan diambil 15 besar untuk mengikuti babak final. Kemudian di babak final terdapat 3 macam tes, yaitu tes teori, pretest dan membuat video ujian praktikum. 

Ramadani mengatakan bahwa  dirinya cukup percaya diri dalam menghadapi lomba ini, karena memang sebelumnya sudah ada pengalaman. “Upaya dan usaha saya untuk memenangkan lomba ini yaitu sering latihan soal,  baik itu soal dari tingkat Indonesia maupun luar negeri, seperti German Problem, dan UK problem,” tambah Dani. “Alhamdulillah,  senang bisa membawa nama MAN 1 Yogyakarta ke kancah nasional, dan membuktikan bahwa madrasah itu juga bisa. Sebenarnya saya tidak terlalu terkejut dengan hasilnya karena memang soal yang diujikan tidak sesulit lomba-lomba dari universitas lain. Harapan saya semoga setelah ini, banyak teman dari  MAN 1 Yogyakarta yang semakin aktif mengikuti kompetisi yang bergengsi dan terintegrasi baik itu di bidang akademik maupun non akademik,” tutupnya.

Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. kepala MAN 1 Yogyakarta merasa sangat bersyukur dan bangga dengan prestasi siswa-siswinya yang semakin hari semakin berkelas dan dapat mengibarkan nama baik MAN 1 Yogyakarta di berbagai kompetisi di tingkat nasional. Hal ini tidak terlepas dari berbagai doa dan upaya yang telah diberikan madrasah untuk terus memfasilitasi siswa-siswinya yang ingin terus berprestasi dalam segala bidang. Wiranto berharap, keberhasilan dan kesuksesan siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta di bidang akademik ataupun nonakademik ini juga selalu terus  diimbangi dengan akhlak, budi perkerti, dan sikap serta tingkah laku yang yang dapat mencerminkan akhlakul karimah. (wk)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pukau Asesor, Kepala MAN 1 Yogyakarta Presentasikan Program Unggulan
17 Sep 2024, 14:30

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45