Ragam Kegiatan Edukatif Meriahkan LDK Santri MANPK MAN 1 Yogyakarta

28 Aug 2023, 10:29 MAN 1 Yogyakarta 420

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Organisasi Santri Keagamaan (OSAKA) MAN PK MAN 1 Yogyakarta mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) sebagai salah satu rangkaian dari Reformasi OSAKA 2023/2024. Kegiatan ini  dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Ahad (26-27/08/2023), di Wisma Griya Taruna, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta.

Kegiatan LDK ini diikuti oleh seluruh santri dan santriwati kelas 11 MANPK MAN 1 Yogyakarta, sebagai calon pengurus OSAKA periode 2023/2024. Kegiatan ini dimulai pada Sabtu (26/08/2023) dengan diawali Apel pembukaan, dan dilanjutkan dengan sesi materi. Penyampaian materi pertama yakni materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Hasman Zhafiri Muhammad, S.H., S.Pd., M.H., M.A.,. 

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Muhammad Taufik Agiel, mahasiswa aktif Universitas Gadjah Mada dengan membawakan materi Time management. Di setiap akhir penyampaian materi diadakan pula discussion forum untuk melatih dan menguji pemahaman para peserta LDK. 

Kegiatan dilanjutkan setelah dzuhur, para peserta LDK berangkat ke lokasi camp LDK yang bertempat di kawasan Kaliurang. Sesi LDK berikutnya adalah penyampaian materi ketiga yakni tentang OSAKA yang disampaikan oleh Hilman Abdullah, S.Hum. Dilanjut malam harinya terdapat beberapa kegiatan pula, seperti penyalaan api unggun, kesan pesan dari Ketua Umum terpilih, pentas seni oleh setiap kelompok, dan terakhir movie time atau nonton bersama. 

Kegiatan berlanjut pada hari kedua yakni hari Ahad (27/08/2023) diawali dengan makan bagi bersama, baik dari peserta LDK maupun panitia, dan dilanjutkan dengan  Outbound. Outbound terdiri dari 7 games, seperti beauty flour, rucika, water war, spider obstacle, domba tersesat, karboxing, dan sosok hitam. Kegiatan berlangsung meriah dengan semangat serta antusiasme dari peserta LDK. 

“Keren banget!, banyak pelajaran dan evaluasi baik untuk diri sendiri maupun tiap timnya, yang akhirnya bisa menjadi perbaikan untuk bersama. Semoga dengan adanya LDK ini bisa menjadi titik awal dalam membangun kerjasama yang baik antara pengurus OSAKA 2023/2024,” ungkap Wafi, salah satu peserta LDK.

Tentunya kegiatan LDK ini tidak hanya untuk bersenang-senang semata, karena sesuai namanya yakni Latihan Dasar Kepemimpinan kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih sikap pemimpin setiap peserta. Para peserta dilatih dan dituntut untuk disiplin, cekatan, peduli satu sama lain, dan mempunyai pola pikir untuk dapat memimpin dan siap dipimpin.

"LDK dua hari ini berjalan dengan lancar, dari mulai materi ruang maupun materi lapangannya juga sudah oke banget," ujar Haris Herwin panitia penyelenggara LDK kali ini.

"Untuk kendala mungkin kurang lama harinya ya, terlalu cepat rasanya. Tapi intinya harapan buat kedepannya buat pengurus baru tetap diadakan proker LDK seperti ini, dan harus lebih baik dan menarik lagi," sambung Haris Herwin. (hls/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54