PIK-R Exalta MAN 1 Yogyakarta Gelar Pelatihan Pendidik Sebaya

27 Aug 2023, 12:02 MAN 1 Yogyakarta 275

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Organisasi Bidang PIK-Remaja Exalta MAN 1 Yogyakarta baru saja mengadakan kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya, Sabtu (26/08/2023), di Aula madrasah 

Kegiatan ini bertema "Wujudkan Pribadi yang Percaya Diri dengan Mengasah Potensi dan Kolaborasi" bersama narasumber yaitu Ridaul Maghfiroh (Top 7 Duta Genre Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Yudha Firmansyah (Juara 3 Duta Genre Daerah Istimewa Yogyakarta), yang diikuti seluruh anggota PIK-R Exalta kelas 10 dan 11, serta segenap panitia. 

Ridaul Maghfiroh menyampaikan apreasiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini yang sangat bermanfaat, terutama pada seluruh panitia yang telah bekerja keras. "Hal ini merupakan pengalaman hidup yang sangat berharga dalam berorganisasi," tuturnya. 

"Mulai hari ini beranilah untuk mencoba apapun itu karena dari situ kita dapat berkembang, perbanyaklah latihan agar bisa lebih baik ke depannya," pintanya.

Sementara itu, Yudha Firmansyah menyampaikan materi tentang bagaimana menjadi pendidik dan konselor sebaya. Diawali dengan penyampaian definisi pendidik sebaya dan konselor sebaya dilanjut cara menjadi pendidik sebaya dan konselor sebaya, dan peran pendidik sebaya dan konselor sebaya. 

Di akhir materi Yudha menyampaikan motivasi yang menjadi pedoman dalam hidupnya yaitu "urip iku urup" yang berarti memanusiakan manusia, dimanapun kita berada kita harus bisa bermanfaat kepada orang lain.

Setelah pemaparan materi disampaikan dilanjutkan dengan fun games, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang yang berhasil meraih predikat kelompok terbaik 1, 2, 3 dan pengumuman PIK-R Awards yang berhasil di raih oleh Mirad Amanah, Jihan Tasbih, Ivanna Ummu dan Kaila Latifah.

Dengan adanya inovasi PIK-R Awards diharapkan para anggota PIK-R Exalta termotivasi untuk aktif dalam mengikuti kegiatan kegiatan PIK-R. (zsr/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54