Pelepasan Purna Tugas Sri Rahayu, Sosok Inspiratif MAN 1 Yogya

31 May 2024, 21:11 MAN 1 Yogyakarta 280

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1Yogya) -- MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan acara Pelepasan Purna Tugas Dra. Hj. Sri Rahayu  (Guru Madya Bidang Studi Kimia), Jumat (31/05/2024). Bertempat di Aula lantai 2 MAN 1 Yogyakarta, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru dan pegawai MAN 1 Yogyakarta.

Sri Rahayu menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Madrasah dan seluruh civitas MAN 1 Yogyakarta atas kesempatan, bantuan, dan kerja sama yang terjalin selama ini. Ketika ditanya perasaannya, ia menyampaikan bahwa setelah memasuki masa purna tugas ini ia merasa bahagia dan senang. "Syukur alhamdulillah, karena sudah selesai menjalankan tugas dan kewajiban sebagai guru. Dan usia 60 tahun merupakan usia yang tidak produktif lagi," ungkapnya, "namun, produktivitas dan kebahagiaan itu harus dicari dengan tawakal dan ikhlas menjalaninya," tambahnya.

Pemilik panggilan akrab Bu Yayuk ini merupakan sosok yang inspiratif saat melaksanakan pembelajaran dengan siswa. Berbagai persiapan dan metode pembelajaran selalu ia siapkan sampai larut malam dengan tujuan menjadikan pembelajaran lebih menarik.

Ia berpesan untuk rekan sejawatnya yang masih aktif bahwa input siswa MAN 1 Yogyakarta di atas rata rata. Selain itu, orang tua siswa MAN 1 Yogyakarta juga berasal dari kalangan berpendidikan dan ekonomi yang mapan. Hal ini merupakan kekuatan positif yang harus dimaksimalkan. "Dengan modal tersebut, maka guru harus aktif  memilih model pembelajaran yang inovatif, dapat menanamkan etos belajar yang tinggi dan penuh semangat kepada siswanya untuk mencapai kedewasaan," pesannya. 

Masih menurut Sri Rahayu, ranah atau ruang lingkup belajar yang perlu dipahami dan diungkapkan oleh seorang guru yaitu: ilmu amaliah, amal ilmiah dalam jiwa imaniah, serta dasarnya adalah pertanggungjawaban moral. Ia berdoa semoga guru-guru di MAN 1 Yogyakarta diberikan kesehatan, keistiqomahan mendampingi dan mengantarkan anak-anak didik menggapai masa depan mereka yang gemilang. 

Setelah memasuki masa purna tugas, Kepala Laboratorium IPA MAN 1 Yogyakarta ini ingin melanjutkan bebermanfaatannya di masyarakat. Ia ingat sebuah hadis Nabi Muhammad SAW bahwa manusia yang terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. Oleh sebab itu, menurutnya, bertambahnya usia manusia jangan lantas menyurutkan semangat hidup. Sebaliknya, kita harus lebih hidup dan bersemangat. "Tidak ada kata pensiun untuk menjadi manusia sukses di hadapan Allah SWT," tegasnya penuh semangat. 

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan ribuan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi Dra. Sri Rahayu yang luar bisa serta penuh totalitas di MAN 1 Yogyakarta."Semoga ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi bapak ibu guru pegawai yang jauh lebih muda," harapnya.

Setelah sambutan guru purna tugas dan tanggapan dari Kepala Madrasah, acara dilanjutkan penyerahan album kenangan dari Tim Manajerial MAN 1 Yogyakarta dan penyerahan kenang-kenangan dari bapak ibu guru pegawai setiap rumpun dan bidang. Acara ditutup dengan foto bersama dalam suasana penuh haru, kebahagiaan dan keakraban, serta kekeluargaan. (amn)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Luar Biasa; Fadhil, Siswa MAN 1 Yogya Kalungi Medali Emas KSM Tingkat Nasional 2024
07 Sep 2024, 20:35

4 Duta Ambalan Pramuka MAN 1 Yogyakarta Kembangkan Soft Skill dan Hard Skill dalam Raimuna DIY 2024
07 Sep 2024, 14:12

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Resmi Membuka Latihan Rutin Tahun Ajaran 2024/2025
07 Sep 2024, 14:09

Toreh Prestasi Gemilang, Tim Riset MAN 1 Yogyakarta Raih Perunggu Myres 2024
07 Sep 2024, 14:06

LDK OSAKA MAN PK MAN 1 Yogyakarta: Membangun Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berintegritas
06 Sep 2024, 04:43