Lanjutkan MoU dengan MAN 1 Yogyakarta, FKG UGM Adakan Kegiatan Pengabdian Tri Darma Perguruan Tinggi

31 Aug 2024, 19:36 MAN 1 Yogyakarta 265

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta)- Dalam rangka melanjutkan kerja sama antara Fakultas Kedokeran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) dengan MAN 1 Yogyakarta yang telah berjalan selama 3 tahun, pada Jum’at pagi pukul 07.00-10.00 WIB (30/08/2024), beberapa civitas FKG UGM adakan kunjungan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi. Acara diadakan di tiga lokasi penyuluhan, di antaranya di ruang kelas X dan XI, di aula lantai 2, dan di aula lantai 1 MAN 1 Yogyakarta.

Dr. drg. Cendrawasih A. F. M. Kes. Sp.Ort (K) selaku Ketua Departemen Ortodhontis mewakili  dekan FKG UGM dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyuluhan dengan  tema “The Role of Orthodontist in Dental Health”  ini bertujuan untuk melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi dan dilaksananakan oleh para dokter gigi dari wilayah Jogja-Jateng dan sekitarnya yang merupakan alumni FKG UGM. Penyuluhan tentang mengapa perawatan ortodontik itu penting meliputi kegiatan skrining dan konsultasi, Sosialisasi tentang kesehatan gigi dan konsultasi ortodonthik, dijelaskan bagaimana susunan gigi yang ideal dapat mengurangi risiko trauma gigi. Gigi jadi tidak mudah karies, di samping mengurangi risiko penyakit gusi, juga membuat pengucapan dan pengunyahan makin baik, dapat membuat siswa semakin percaya diri, dan gigi menjadi tidak mudah aus. Dua siswa dari setiap kelas dipilih untuk mengikuti pemeriksaan gigi di aula lantai bawah. Para siswa mengikuti pemeriksaan gigi untuk diketahui secara dini kondisi kesehatan giginya.

Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. selaku kepala MAN 1 Yogyakarta menyambut baik kerja sama Fakultas Kedokteran Gigi  Universitas Gadjah Mada dengan MAN 1 Yogyakarta ini sebagai bentuk pelayanan informasi kepada siswa sejak dini terkait masalah kesehatan gigi dan  susunan gigi yang baik dan sehat. Wiranto berharap kerja sama ini terus dapat dilanjutkan agar dapat dijadikan media informasi tentang kesehatan gigi bagi seluruh civitas MAN 1 Yogyakarta.

Secara simbolis Dr. drg. Dyah Karunia, Sp.Ort (K0 dan Dr. drg. Cendrawasih A. F. M. Kes. Sp.Ort (K) menyerahkan plakat  dan poster Pengabdian Masyarakat PPDGS Ortodonsia FKG UGM dengan tema “Peran Ortodonti dalam Kesehatan  Gigi: Edukasi untuk Generasi Muda’” kepada pihak madrasah yang diterima kepala MAN 1 Yogyakarta. Acara skrining dan konsultasi maloklusi di aula dilanjutkan dengan kegiatan Pre-Test untuk siswa kelas X dan XI MAN 1 Yogyakarta. Setelah kegiatan penyuluhan dilakukan per kelas-kelas, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan Post-Test. (wk)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Pemimpin Berkarakter: MAN 1 Yogyakarta Gelar Motivasi Kepemimpinan bersama Motivator Nasional
20 Oct 2024, 03:34

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46