Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan

16 Oct 2024, 00:46 MAN 1 Yogyakarta 128

this used to be photo

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Sragen (MAN 1 Yogyakarta) -- Kelas X MAN 1 Yogyakarta melakukan kunjungan edukatif ke Museum Sangiran, sebuah situs warisan dunia yang dikenal sebagai salah satu lokasi penting dalam penelitian evolusi manusia.  Kunjungan edukatif yang merupakan kegiatan P5RA ini dilaksanakan pada Selasa (15/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan siswa tentang sejarah dan keberagaman budaya, serta memberikan wawasan tentang pentingnya pelestarian situs sejarah dan menggali dampak positif Museum Sangiran bagi peningkatan ekonomi kreatif untuk masyarakat sekitar.

Kepala Madrasah MAN 1 Yogyakarta Drs. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd  menyatakan, "Kunjungan ke Museum Sangiran memberikan siswa wawasan tidak hanya tentang sejarah dan evolusi manusia, tetapi juga tentang dampak positif yang ditimbulkan museum terhadap ekonomi kreatif masyarakat sekitar. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, banyak peluang bagi masyarakat lokal untuk mengembangkan usaha kreatif, seperti kerajinan tangan dan kuliner. Kami berharap siswa dapat memahami betapa pentingnya pelestarian warisan budaya dan lingkungan, yang tidak hanya berkontribusi pada pengetahuan, tetapi juga pada kesejahteraan ekonomi masyarakat."

Selama kunjungan, siswa diperkenalkan dengan beragam koleksi fosil yang menggambarkan sejarah evolusi manusia, termasuk temuan penting seperti Homo erectus yang ditemukan di kawasan Sangiran. Pemandu museum menjelaskan bagaimana penelitian di situs ini tidak hanya mengungkapkan asal usul manusia, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan. Siswa diajak untuk merenungkan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan warisan budaya agar generasi mendatang dapat terus belajar dari sejarah. Melalui pengalaman ini, para siswa diharapkan dapat menginternalisasi prinsip gaya hidup berkelanjutan, baik dalam konteks pelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi kreatif, maupun pengembangan budaya yang berkelanjutan. (dee)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46

Peringati Hari Santri, MAN 1 Yogyakarta Adakan Manasik Haji
16 Oct 2024, 00:42