Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah

17 Oct 2024, 10:57 MAN 1 Yogyakarta 51

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) - Di tengah semangat menguatkan karakter dan pemahaman ajaran Islam, MAN 1 Yogyakarta selenggarakan pelatihan perawatan jenazah bagi seluruh siswa kelas X yang dilaksanakan di Masjid al-Hakim lantai dua pada hari Rabu (16/10/2024)

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tata cara memandikan, mengafani, hingga menyolatkan jenazah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Para peserta dipandu oleh tim dari lembaga Husnul Khatimah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dibagi menjadi empat sesi.

Sesi Pertama, siswa diperkenalkan dengan konsep dasar pengurusan jenazah, termasuk pentingnya menjaga kehormatan jenazah dan mematuhi aturan-aturan syar'i. Tim pemateri yang diwakili oleh Bapak Jasimi menjelaskan, "Perawatan jenazah merupakan salah satu kewajiban umat Muslim yang harus dilakukan dengan penuh kesucian hati dan keikhlasan, sebagai bentuk penghormatan terhadap almarhum." Tutur Jasimi.

Sesi kedua, siswa diajak untuk mempraktikkan cara memandikan jenazah menggunakan boneka yang sudah disiapkan. Jasimi menekankan pentingnya menjaga kebersihan serta urutan-urutan yang harus diperhatikan, mulai dari niat hingga teknik memandikan yang benar. "Hal ini bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga wujud kasih sayang kita terhadap sesama Muslim," tambahnya.

Sesi ketiga, peserta diajarkan cara mengafani jenazah, yakni membungkus jennazah dengan kain kafan sesuai dengan ketentuan syariat. Jasimi menjelaskan perbedaan jumlah helai kain kafan untuk jenazah laki-laki dan perempuan, mengikat kain kafan dengan benar, serta menyampaikan pentingnya kesederhanaan dalam proses ini. "Islam mengajarkan kesederhanaan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam perawatan jenazah”.

Sesi terakhir, seluruh peserta dibagi menjadi Sembilan kelompok sesuai kelas masing-masing untuk menuju tempat yang telah ditentukan, guna mempraktikkan semua pengetahuan perawatan jenazah yang telah didapatkan dalam pelatihan.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan sambutan dan arahannya, beliau menyampaikan “ Di era modern ini, kadang kita terlalu sibuk dengan urusan duniawi, sehingga lupa untuk mempersiapkan diri dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan setelah dunia. Oleh karena itu, saya merasa sangat bangga bahwa madrasah kita bisa menjadi tempat untuk meningkatkan pemahaman akan tata cara perawatan jenazah, dari memandikan, mengafani, menyolatkan, hingga menguburkannya sesuai syariat Islam, bagi seorang muslim pengetahuan dalam mengurus jenazah sangatlah penting, saya berharap acara ini dapat berjalan lancar, bermanfaat, dan membawa berkah bagi kita semua. Mari kita niatkan kegiatan kita hari ini sebagai ibadah kepada Allah SWT, agar ilmu yang kita peroleh menjadi ilmu yang bermanfaat dan amal jariyah yang tidak terputus” tutup Wiranto.(ha)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46

Peringati Hari Santri, MAN 1 Yogyakarta Adakan Manasik Haji
16 Oct 2024, 00:42