Ide Kreatif Siswa MAN 1 Yogya Raih Juara 3 Lomba Ekonomi Kreatif UGM 2017 Se-Pulau Jawa

20 Nov 2017, 00:53 MAN 1 Yogyakarta 1692

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Di era global, tantangan ekonomi semakin berat. Karena hanya ekonomi yang enovatif dan kreatiflah yang mampu survive(bertahan ) dalam menghadapi segala tantangan. Seperti Ide-ide segar, enovatif, dan kreatif Siswa MAN 1 Yogyakarta, dalam kompetisi “Economic Innovative Challenge” yang digelar oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen Universitas Gadjah Mada (IKMM UGM) tahun 2017, Sabtu(18/11).

Kompetisi yang bertema "Menumbuhkan Jiwa Sociopreneur Bagi Generasi Muda Indonesia" itu, membuka peluang bagi para pelajar tingkat SMA/SMK untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka dalam 3 bidang wirausaha yaitu industri kreatif, digital, dan industri kuliner.

Tahapan seleksi yang ditetapkan pun ketat, peserta diminta untuk mengirimkan proposal ide bisnis dengan konten yang telah sediakan. Masing-masing proposal disaring dari segi inovasi, kreatifitas, dan mutu konten. Kemudian dipilih 10 tim dengan proposal bisnis terbaik, dan dilanjutkan ke tahap presentasi dan pameran sampel produk karya masing-masing kelompok.

Selain itu, 10 tim finalis juga mendapatkan wawasan tentang strategi, komunikasi bisnis, serta talkshow dengan para wirausahawan yang telah sukses.

Kreatifitas tiga siswa MAN 1 Yogyakarta yaitu Farhan Mudhakir, Arfaz Iqbal Madani dan Dzikri Nurrohman berhasil meraih juara 3 dan mampu bersaing dengan ratusan peserta tingkat SMA/SMK se-Pulau Jawa.

Ide Kreatif tiga siswa tersebut, dituangkan dalam bidang industri kreatif. Karya mereka dinamakan “Engklek Nusantra”. Engklek merupakan salah satu permainan tradisional ‘lompat-lompatan’ dengan satu kaki pada bidang datar yang digambar di atas tanah. Bidang datar tersebut berbentuk kotak-kotak.

Namun di tangan tiga siswa kreatif tersebut, Engklek dijadikan media pembelajaran yang menarik karena disisipkan pertanyaan-pertanyaan tentang wawasan nusantara, seperti nama rumah adat, jenis makanan khas daerah, nama kota dan daerah.

Dzikri Nurrohman menuturkan, ia bersama timnya sengaja memilih permainan tradisional(Engklek) sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide mereka. Pasalnya, permainan tersebut sarat dengan nilai-nilai pendidikan. “Dengan Engklek, anak-anak bisa belajar sambil bermain,”ujarnya saat ditemui, Ahad(19/11) sore.

Sementara itu, menurut Guru Ekonomi Purnami Nugraheni, S.Pd. hasil karya mereka sangat kreatif. Terangnya, di era global seperti ini, kebanyakan anak-anak sekarang hanya mengenal permainan melalui Handhpone, smartphone, atau gadget yang cenderung bersifat individual dan kurang bersosialasi, akan tetapi dengan “Engklek Nusantara” mereka bisa mengenalkan peramainan zaman dulu.

“Ide mereka sangat bagus karena kebanyakan anak hanya mau mengenal mainan lewat Handphone, mereka mau menulis tentang mainan zaman dulu,”ungkapnya.

Guru Ekonomi yang akrab disapa Bu Heni itu, berharap agar hasil karya mereka bisa berkembang lagi. “Agar anak-anak tidak menjadi individualis karena main HP sendiri, tetapi mereka tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain dengan main Engklek,”imbuhnya.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Peringati International Youth Day, MAN 1 Yogyakarta Gelar Seminar Kesehatan Mental Remaja bersama CPMH UGM
12 Aug 2025, 16:40

Belajar dari Gelembung: Praktikum Seru Enzim Katalase di MAN 1 Yogyakarta
12 Aug 2025, 12:12

MAN 1 Yogyakarta Gelar Pengajian, Angkat Tema Pemuda sebagai Agen Perubahan
11 Aug 2025, 20:20

Qinarsyah Murid MAN 1 Yogyakarta Raih Runner Up Lomba Sesorah Kabupaten Sleman
11 Aug 2025, 15:32

PRAGA XL Semakin Dekat, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Technical Meeting dan Tata Adat Ambalan
10 Aug 2025, 16:14