Wujud Madrasah Berkelas Dunia, MAN 1 Yogyakarta Jalin Kerja Sama dengan Institut Français d'Indonésie (IFI) Yogyakarta

20 Aug 2024, 16:55 MAN 1 Yogyakarta 192

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta telah menandatangani kerja sama dengan Institut Français d'Indonésie (IFI) Yogyakarta pada Rabu (7/8/2024). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung SBSN ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Prancis bagi para siswanya. Kerja sama ini berlandaskan ketertarian para siswa terhadap Bahasa Perancis. Hal ini akan memberikan akses untuk studi lanjut pada bidang bahasa ini.

Dalam acara penandatanganan kerja sama, dihadiri oleh Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., Waka Kehumasan, Dr. Suyanto, M.Pd., Waka Kurikulum, Taufik Zamhari, M.Sc, Waka Kesiswaan, Soeprastiono, M.Pd, Waka Sarpras, Masayu Nurul Ana, S.Ant., M.Pd, Staf Kehumasan, Dra. Endang Sri Utami, M.Pd., dan guru bahasa Prancis, dari pihak MAN 1 Yogyakarta. Sementara itu, dari pihak IFI-LIP Yogyakarta dihadiri secara langsung oleh Direktur IFI Yogyakarta, Francois Dabin

Kerja sama ini memberikan kesempatan kepada siswa MAN 1 Yogyakarta untuk mendapatkan ijazah kompetensi berbahasa Prancis yang berlaku seumur hidup dan diakui di negara-negara yang menggunakan bahasa Prancis. Kepala MAN 1 Yogyakarta berharap agar kerja sama ini dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Perancis dan minat bakat para siswa.

Direktur IFI Yogyakarta secara langsung menyampaikan tawaran kerja sama tersebut. Ia mengungkapkan bahwa MAN 1 Yogyakarta adalah satu-satunya madrasah yang mengajarkan Bahasa Perancis, sehingga IFI mengundang para guru dan siswa untuk berbagi layanan di IFI termasuk perpustakaan. Para siswa diberikan akses peminjaman buku selama 2 bulan dan IFI juga menawarkan kerja sama dalam pembelajaran kelas.

Dengan kerja sama ini, MAN 1 Yogyakarta berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan akan kemampuan berbahasa asing, sehingga dapat menjadi bekal untuk menghadapi tantangan global di masa depan. (ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Pemimpin Berkarakter: MAN 1 Yogyakarta Gelar Motivasi Kepemimpinan bersama Motivator Nasional
20 Oct 2024, 03:34

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46