Wisuda Purna Siswa MAN 1 Yogya: Peganglah Etika dan Akhlak yang Luhur

26 May 2021, 20:25 MAN 1 Yogyakarta 1020

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam mencegah penyebaran virus corona, sebanyak 234 siswa kelas XII MAN 1 Yogyakarta mengikuti wisuda purna siswa, Selasa (25/05/2021) pagi, di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kanwil Kemenag DIY Drs.H.Edhi Gunawan, M.Pd.I, Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Drs.H.Nur Abadi, M.A., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag DIY Muntholib,M.SI, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY Hj.Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum., serta sejumlah perwakilan  komite madrasah, Al-Hakim Scholarship, dan orang tua wali murid.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan apresiasi dan mengajak bersyukur atas capaian prestasi dan keberhasilan para siswa terutama kelas XII dalam mengikuti proses pendidikan dan pengajaran di madrasah, selama tiga tahun.  

Ungkapnya, acara wisuda dan kelulusan ini bukanlah akhir dari segalanya, akan tetapi merupakan permulaan untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Menurutnya, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi, serta tantangan global, maka para alumnus madrasah haruslah lebih giat belajar dan meningkatkan diri.

“Berpeganglah pada etika dan akhlak yang luhur, kendalikan diri, dan jangan sampai terseret pada arus global,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag DIY Drs.H.Edhi Gunawan, M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan, hampir semua lini kehidupan termasuk lembaga pendidikan merasakan kesulitan pada awal pandemi corona. Namun demikian, madrasah mampu menghadapi kesulitan-kesulitan dan menyesuaikan diri pada kondisi pandemi, bahkan mampu berprestasi. Ungkapnya, beberapa siswa alumni madrasah ini berhasil lolos seleksi studi lanjut di perguruan tinggi luar negeri, antara lain di Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan Maroko.

“Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa pandemi tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam belajar,” ujarnya.

Edhi Gunawan juga mendorong, agar semua alumni madrasah tahun 2021 untuk melanjutkan studi. Ia mengingatkan, bagi alumni yang belum berkesempatan untuk studi di luar negeri untuk tidak berkecil hati. Menurutnya, di dalam negeri juga banyak perguruan tinggi yang berkualitas.  “Jangan sampai berhenti,” pintanya.

Acara wisuda purna siswa ini berlangsung khidmat dan meriah meskipun di tengah keterbatasan masa pandemi corona. Sejumlah selingan hiburan tampil dalam kegiatan ini. Antara lain, penampilan mansa voice senior (guru dan pegawai) dengan lagu-lagu religi: ‘Man ana laulakum’, dan ‘harmoni’, pertunjukan tari saman siswa, serta persembahan lagu dari siswa kelas XII mendendangkan lagu: ‘Kemesraan’, ‘mansa pasti bisa’, dan ‘Jadilah legenda’. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45

MAN 1 Yogyakarta Adakan Pelatihan P3K untuk Guru dan Tenaga Kependidikan
09 Sep 2024, 14:06