Urgensi Penguatan Semangat Moderasi Beragama di Bidang Pendidikan

30 Sep 2023, 19:21 MAN 1 Yogyakarta 344

this used to be photo

Oleh: Nurokhmah, M. Pd. (Guru PKn MAN 1 Yogyakarta) 

Agama adalah jalan hidup atau way of life, sehingga sudah seharusnyalah pelaksanaan kegiatan ibadah keagamaan  kita dilakukan dengan maksimal dan sepenuh hati.  Agama adalah hal utama yang mempengaruhi keseluruhan aspek hidup  dan juga sepanjang usia kita. Hal yang sangat wajar dikarenakan kita adalah makhluk yang segala apa yang ada dalam diri kita bergantung sepenuhnya pada Maha Pencipta, Sang Khaliq. 

Kehidupan beragama seorang manusia terakses pada dua arah secara vertikal dan horizontal. Secara vertikal  adalah melaksanakan semua ibadah dan kepatuhan sebagai hamba kepada Tuhan YME. Secara horizontal adalah kegiatan keagamaan kita yang  terkait, baik beriringan ataupun bersinggungan pada interaksi sesama manusia. Secara vertikal itu adalah privasi kita dalam beribadah. Kepatuhan dan kedalaman penjiwaan hanya kita yang tahu, meski secara sudut pandang horizontal orang di sekitar kita bisa mengetahui indikasi sejauh mana  kesalehan yang kita lakukan. 

Berbicara moderasi beragama maka terfokus pada kegiatan keagamaan kita secara horizontal, meski nantinya harus kita pertanggungjawabkan pada Allah sebagai bagian dari ibadah vertikal. Kita hidup di Indonesia yang heterogen agamanya. Dipandu  ideologi  Pancasila, dalam sila 1 “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Heterogennya agama di Indonesia memunculkan berbagai hal baik positif maupun negatif. Hal positif berupa keberhasilan warganegara membentuk diri menjadi insan relijius. Hal negatif adalah munculnya sikap ekstrim yang menolak kaum liyan.

Karena heterogennya agama yang ada di Indonesia, maka penting sekali untuk menguatkan semangat moderasi beragama.  Buku panduan  Moderasi Beragama dari Kementerian Agama RI mencantumkan kata moderasi berasal dari Bahasa Latin moderâtio, yang berarti ke­sedang­an (tidak kelebihan dan tidak kekurangan). Kata itu juga berarti penguasaan diri (dari sikap sangat kelebihan dan kekurangan). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyediakan dua pengertian kata moderasi, yakni: 1. n pengurangan kekerasan, dan 2. n penghindaran keekstreman. Jika dikatakan, “orang itu bersikap moderat”, kalimat itu berarti bahwa orang itu bersikap wajar biasa saja dan tidak ekstrem.

Moderasi beragama merupakan sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif). Keseimbangan atau jalan tengah dalam praktik beragama ini niscaya akan menghindarkan kita dari sikap ekstrem berlebihan, fanatik dan sikap revolusioner dalam beragama. 

Moderasi beragama ini menjadi kunci toleransi dan kerukunan. Jika semua umat  dari semua agama yang diakui secara resmi di Indonesia  menggiatkan dengan sungguh-sungguh moderasi beragama maka kerukunan akan terjaga. Karena akan muncul sikap saling menghargai dan menghormati yang menjadi basis karakter persatuan dan kesatuan. Sikap saling menghormati ini jelas tidak boleh dimaknai sebagai  mencampuradukkan  akidah. Tetapi adalah menghormati pilihan, ibadah,  dan aturan sesuai agama masing-masing. Kalau dalam Islam jelas disebutkan lakum dinukum waliyadin. 

Strategi penguatan moderasi beragama  wajib dilakukan melalui jalur pendidikan. Generasi muda kita haruslah menjadi generasi yang cinta damai. Jangan sampai mereka tumbuh menjadi generasi yang memilih kekerasan  sebagai solusi. Kekerasan  baik secara verbal maupun aksi sangat berbahaya dan akan merusak tatanan hidup masyarakat. Akan ada kerugian  besar  yang dikorbankan  jika sampai generasi muda kita salah dalam menentukan langkah. Dan ini adalah  termasuk  tanggungjawab para pendidik dan seluruh stake holder pemegang tampuk kebijakan pendidikan di Indonesia. Sehingga penguatan semangat Moderasi Beragama di sekolah urgent untuk dilakukan dan dimaksimalkan.


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15