Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, Siswa MAN 1 Yogyakarta Ikuti Madrasah English Community

25 Jul 2024, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 310

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) – Madrasah English Community (MEC) telah membuka peluang baru bagi siswa-siswa madrasah di Indonesia untuk terlibat dalam peningkatan bahasa Inggris melalui platform Zoom. MEC merupakan kegiatan belajar bersama bahasa Inggris secara hybrid yang diasuh secara langsung oleh native speaker (penutur asli) untuk siswa-siswi madrasah jenjang MTs dan MA. Program ini diinisiasi oleh kerja sama antara Direktorat KSKK Madrasah dan Peace Corps. 

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini digelar di MA Assalam Sukoharjo. Siswa kelas XC MAN 1 Yogyakarta mengikuti secara online melalui platform Zoom pada Kamis (25/7/2024). Topik yang diangkat kali ini adalah “More than the eye: exploring meaning in American Idioms.” Dalam kegiatan ini siswa diajak untuk mengenal ungkapan-ungkapan yang sering digunakan oleh orang Amerika. 

Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat KSKK Madrasah Papay Supriatna dalam sambutannya menceritakan awal mula dibentuknya MEC dan berharap akan ada kerjasama-kerjasama lainnya. “I’m so happy with this event and I am looking forward for more cooperation in the future,” tandasnya. 

Sean, pengajar MEC, memberikan tips untuk berlatih pengucapan, yaitu menonton film dan berlatih di depan cermin. “The best ways to practice pronunciation are watching movies and practicing in front of the mirror,” tuturnya.

Guru pendamping Bahasa Inggris kelas XC Deti Prasetyaningrum, S.Pd mengungkapkan manfaat dari keikutsertaan para siswa dalam kegiatan ini. “Melalui sesi zoom ini, siswa dapat berinteraksi langsung dengan pengajar native speaker dan peserta lain dari selurun madrasah di Indonesia, sehingga tercipta diskusi yang aktif dan kolaboratif,” ungkapnya. 

Salah satu siswa XC Atha Faiz Xian mengungkapkan bahwa ia sangat senang dan antusias mengikuti MEC karena mendapatkan ilmu tentang idiom yang digunakan orang-orang Amerika dan dapat mengikuti game pembelajaran menggunakan Kahoot dan bersaing dengan seluruh peserta. “I’m very happy and excited because I could learn American idioms and I could join quiz through Kahoot.” (dee)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Luar Biasa; Fadhil, Siswa MAN 1 Yogya Kalungi Medali Emas KSM Tingkat Nasional 2024
07 Sep 2024, 20:35

4 Duta Ambalan Pramuka MAN 1 Yogyakarta Kembangkan Soft Skill dan Hard Skill dalam Raimuna DIY 2024
07 Sep 2024, 14:12

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Resmi Membuka Latihan Rutin Tahun Ajaran 2024/2025
07 Sep 2024, 14:09

Toreh Prestasi Gemilang, Tim Riset MAN 1 Yogyakarta Raih Perunggu Myres 2024
07 Sep 2024, 14:06

LDK OSAKA MAN PK MAN 1 Yogyakarta: Membangun Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berintegritas
06 Sep 2024, 04:43