Tampil di Obrolan Pagi RBTV, MAN 1 Yogyakarta Sharing Inovasi dan Penguatan Moderasi Beragama

03 Nov 2021, 08:26 MAN 1 Yogyakarta 749

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) — Sebuah kehormatan, MAN 1 Yogyakarta diundang untuk tampil di acara ‘Obrolan Pagi’ RBTV Yogyakarta, Rabu (3/11/2021) untuk sharing dan menginspirasi masyarakat tentang inovasi yang ditempuh dan penguatan moderasi beragama yang diterapkan madrasah. 

Hadir sebagai narasumber mewakili MAN 1 Yogyakarta: Dr.Suyanto, M.Pd. Wakamad Bidang Humas dan Ketua Tim Zona Integritas (ZI), Kepala Unit Keagamaan Latifah Rahmawati, M.Pd., dan Nayla Ilma Kauna Duta Harmoni Moderasi Beragama Kemenag RI Tahun 2021.

‘Obrolan Pagi’ RBTV Yogyakarta ini disiarkan Live Streaming RBTV Jogja, melalui Zoom Meeting dan saluran Youtube:  https://www.youtube.com/watch?v=o_0e06ToMXA,  dan dipandu presenter Daniel Kairupan. Dialog terasa hangat, penuh inspirasi dan motivasi, dengan mengetengahkan Inovasi MAN 1 Yogyakarta (Mansa) dan Penguatan Moderasi Beragama.

Dari segi prestasi sangat Inspiratif. Seperti yang diungkapkan Suyanto, masa pandemi Covid-19 tidak menghalangi MAN 1 Yogyakarta. Madrasah ini mampu bangkit dan eksis untuk memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat. Bahkan dalam kurun waktu lima bulan terakhir ini, berhasil meraih 212 penghargaan mulai dari tingkat lokal, nasional, dan internasional.

“Kita fokus pada layanan. Layanan yang prima menjadi faktor yang menunjang dan mendorong para siswa untuk berprestasi,” ujar Suyanto saat menanggapi pertanyaan presenter. 

Terang Suyanto, MAN 1 Yogyakarta mempunyai beberapa program unggulan, yang terangkum dalam Mansa de Hexsa Holistic (Excellence System of Academic Service). Pertama, membangun kemitraan dengan Yayasan Al-Hakim Scholarship, salah satu devisi Yayasan Abituren PHIN (YAPHIN). Yayasan ini menjadi wadah Alumni Sekolah Guru Hakim Agama (SGHA), Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta. Devisi ini mempunyai gerakan kepedulian alumni untuk meningkatkan kualitas pendidikan MAN 1 Yogyakarta melalui dukungan pendanaan, yakni gerakan infak berjamaah, minimal seratus ribu per alumni, pada setiap tahunnya. 

Kedua, Sistem Informasi Digital Mansa (Sidimas), Sistem Informasi Digital Madrasah yang secara garis besar meliputi layanan pengelolaan akademik, website madrasah, layanan surat menyurat, hubungan masyarakat, kesiswaan, tagihan dan pembayaran. Ketiga, Peningkatan Literasi Akademik Mansa (Pelita Mas). Keempat, Projek Lintas Mapel(Prolima). Kelima, Silaturrahim Pendampingan Akademik (Sapa Mansa). Keenam, Bina Intelektual Cemerlang Mansa (Bintang Mas), dan ketujuh, Satgas Anti Radikalisme Mansa (Sandimas). 

Sementara itu, terkait penguatan moderasi beragama, Latifah Rahmawati menjelaskan, madrasah telah menyelenggarakan beberapa program yaitu, seminar dengan menghadirkan tokoh-tokoh yang berkompenten dalam bidangnya, seperti Drs.H.Nur Arifin M.Pd. Direktur Bina Umroh dan Haji khusus Ditjen PHU Kementerian Agama RI, H. Muhtarom, Lc, MA., Alumnus MANPK MAN 1 Yogyakarta Tahun 1991, Diplomat KBRI, di Riyadh Arab Saudi, Prof.Dr.H.Mudhofir, S.Ag., M.Pd. Rektor UIN Surakarta. Selain itu, kata Latifah, menfasilitasi para siswa untuk mengikuti perlombaan yang terkait dengan moderasi beragama dan membentuk satuan tugas (Satgas) Anti Radikalisme. 

Sedangkan Nayla Ilma Kauna, siswa kelas XII Bahasa yang masuk 50 besar Duta Harmoni Moderasi Beragama Kemenag RI Tahun 2021, mengakui, MAN 1 Yogyakarta telah memberi support kepadanya untuk mengikuti berbagai kompetisi, salah satunya dalam seleksi “Inisiator Muda Moderasi Beragama” Duta Moderasi Beragama Jenjang MA Tahun 2021. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54