Skrining Kesehatan Peserta Didik Baru MAN 1 Yogyakarta Deteksi Dini Masalah Kesehatan

15 Jul 2024, 14:02 MAN 1 Yogyakarta 173

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Mengawali kegiatan hari pertama masuk sekolah, Senin (15/07/2024), UKS MAN 1 Yogyakarta bekerja sama dengan Puskesmas Gondokusuman 2, Yogyakarta,  mengadakan kegiatan skrining kesehatan bagi siswa baru, kelas X di Madrasah Aliyah Negeri  1 Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah. 

Skrining merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar medapatkan penanganan sedini mungkin. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat tersedia data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik. Kegiatan ini juga meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik, dan penunjang oleh tenaga kesehatan, bersama-sama kader kesehatan remaja madrasah, dan guru madrasah.

Kegiatan skrining  ini meliputi cek gula darah, cek tensi (anemia) untuk siswi, cek tinggi badan, berat badan, cek kebersihan telinga, mata dan gigi, rambut dan kuku, serta pemeriksaan buta warna, hal ini  untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan siswa baru yang akan menempuh jenjang studi di MAN 1 Yogyakarta. Skrining kesehatan yang dilakukan berupa, tes tajam penglihatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, dan golongan darah. 

Hasil dari kegiatan skrining diserahkan kembali ke madrasah untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Dengan mengetahui sejak dini kondisi kesehatan siswa baru di MAN 1 Yogyakarta, diharapkan madrasah memiliki rekan data kesehatan siswa, sehingga pengobatan segera bisa segera dilaksanakan. 

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, sebagai salah satu tindak lanjut kerja sama dengan Puskesmas Gondokusuman. “Dengan pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan dapat diketahui sejak dini masalah kesehatan yang mungkin dialami siswa. Di atas itu semua, kami berharap semua siswa dalam kondisi sehat,” harapnya. (wk)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Luar Biasa; Fadhil, Siswa MAN 1 Yogya Kalungi Medali Emas KSM Tingkat Nasional 2024
07 Sep 2024, 20:35

4 Duta Ambalan Pramuka MAN 1 Yogyakarta Kembangkan Soft Skill dan Hard Skill dalam Raimuna DIY 2024
07 Sep 2024, 14:12

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Resmi Membuka Latihan Rutin Tahun Ajaran 2024/2025
07 Sep 2024, 14:09

Toreh Prestasi Gemilang, Tim Riset MAN 1 Yogyakarta Raih Perunggu Myres 2024
07 Sep 2024, 14:06

LDK OSAKA MAN PK MAN 1 Yogyakarta: Membangun Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berintegritas
06 Sep 2024, 04:43