Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Umum Olimpiade Biologi UAD

25 Sep 2017, 08:58 MAN 1 Yogyakarta 1290

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) - Prestasi membanggakan kembali berhasil ditorehkan siswa MAN 1 Yogyakarta pada Olimpiade Biologi yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Ahad(24/9), di Kampus 3 UAD, Jalan Prof. Dr. Soepomo, S.H. Janturan Yogyakarta.

Olimpiade Biology Challenge Festival 3rd (BCF 3) yang mengambil tema ”Bersama BCF Kembangkan Jiwa Kreativitas Untuk Generasi Biologi Muda Yang Berkualitas” itu telah mengantarkan 3 siswa MAN 1 Yogyakarta yakni Nada Humaiza(XII IPA 1) meraih juara 1 dan Aditya Pamungkas Alfares (XI MIPA 3) meraih juara 2. Dua gelar tersebut menjadikan MAN 1 memperoleh tropy bergilir dari Dekan MIPA UAD yang diterima oleh Purnomo Basuki, S.Pd. Pembimbing Olimpiade.

Kompetisi ini diikuti oleh 41 siswa SMA/MA se-Indonesia. Dengan melalui tahap penyisihan di pagi hari. Dalam tahap penyisihan ini, peserta mengerjakan 60 soal pilihan ganda selama 90 menit.

Hasil dari penyisihan terpilih 10 peringkat terbaik dengan 4 peserta wakil MAN 1 Yogyakarta untuk melaju tahap semifinal. Babak semifinal dilaksanakan dengan sistem cerdas cermat yang diikuti 6 utusan sekolah yaitu, MAN 1 Yogyakarta, SMAN 5 Yogyakarta, SMA Stela Duce 1, SMAN 1 Jetis Bantul, SMAN 1 Pajangan Bantul, dan SMA Ikhsanul Fikri Magelang.

Dari 2 Kelompok, semifinal cerdas cermat tersebut, diperoleh 5 finalis dengan nilai terbaik diraih Nada Humaizah (MAN 1 Yogyakarta), Litang(SMA Ikhsanul Fikri), Adiya Pamungkas (MAN 1 Yogyakarta), Nursalam(SMA Pajangan Bantul), dan Caraline SS(SMA Stela Duce 1). Kelima peserta finalis selanjutnya mengikuti babak praktikum dengan menganalisis hasil video praktikum dan mempresentasikannya di hadapan dewan juri dan seluruh peserta.

Alhamdulillah dari penilaian tahap akhir, 2 siswa MAN 1 Yogyakarta meraih juara 1 dan 2, kemudian diikuti SMAN 1 Pajangan, SMA Ikhsanul Fikri, dan SMA Stela Duce 1 Yogyakarta,“Ujar Purnomo Basuki.

Keberhasilan siswa MAN 1 Yogyakarta meraih juara dan sekaligus juara umum, menurut Purnomo selaku pembimbing yang mendampingi saat lomba sebagai sebuah loncatan prestasi dari tahun sebelumnya, yang hanya meraih juara 1. Juara umum yang diperoleh sebagai hasil pembimbingan dan pelatihan berkelanjutan dari Tim Olimpiade Biologi MAN 1 Yogyakarta.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Tim Olimpiade Biologi yang mampu berprestasi dan bersaing dengan siswa SMA untuk mewujudkan madrasah lebih baik, dan lebih baik madrasah. (prb/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50