Semarakkan Bulan Bahasa, Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta Gelar Berbagai Lomba

26 Oct 2021, 05:25 MAN 1 Yogyakarta 946

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Waktu seakan berlari. Tidak terasa kita pun kembali menjejakkan kaki pada bulan Oktober, bulan dengan nomor urut sepuluh. Sebagaimana bulan lain, ia juga mempunyai hari-hari penting. Hari Kesaktian Pancasila, Hari Batik Nasional, Hari Surat-Menyurat Internasional, dan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ialah contohnya. Selain itu, ada pula hari bersejarah yang juga kita peringati pada bulan ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda. Hari itu menjadi dasar sebuah perayaan tahunan mengenai kebahasaan dan kesastraan. Kita mengenalnya sebagai Bulan Bahasa dan Sastra.

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa, Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk siswa. Lomba-lomba ini diselenggarakan selama 10 hari mulai dari tanggal 15 - 24 oktober 2021. Lomba-lomba tersebut antara lain: lomba menulis puisi dan cerpen 5 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis dan Bahasa Jawa), lomba resensi buku motivasi, lomba vlog profil perpustakaan, dan lomba King and Queen of Reader. Khusus untuk lomba King and Queen of Reader, ini adalah sebuah penghargaan bagi siswa dan siswi yang paling aktif meminjam buku di perpustakaan selama 1 tahun.

Sulistyaningsih, S.Pd, kepala perpustakaan MAN 1 Yogyakarta, menjelaskan tujuan diadakannya "Semarak Bulan Bahasa" adalah untuk memperingati Bulan Bahasa 2021 sekaligus menumbuhkan budaya literasi di kalangan civitas MAN 1 Yogyakarta terutama para siswa.

“Semoga anak-anak mampu mengekspresikan talenta masing-masing dengan menciptakan karya, meski di masa pandemi Corona, sesuai passion mereka,” harapnya, Senin (25/10/2021). 

Sulis menambahkan, lomba menulis sastra 5 bahasa ini untuk mengasah keterampilan berbahasa siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta yang telah diperoleh pada proses belajar mengajar di kelas; sehingga akan menciptakan iklim yang kondusif dalam merajut prestasi tanpa henti. (elra/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54