Sambut HAB Ke-72 Kemenag RI, MAN 1 Yogyakarta Lakukan Kerja Bakti Di Lingkungan 10 Masjid

04 Jan 2018, 06:59 MAN 1 Yogyakarta 1376

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)-Untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi madrasah terhadap masjid dan masyarakat, segenap civitas akademika MAN 1 Yogyakarta lakukan kerja bakti bersihkan sepuluh masjid di kawasan Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Selasa(2/1)pagi. Kegiatan juga dilakukan serempak oleh Madrasah Ibtidaiyah(MI), Madrasah Tsanawiyah(MTs), dan Madrasah Aliyah(MA) di bawah koordinasi Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

Sepuluh masjid yang menjadi obyek kegiatan pagi itu adalah Masjid Nurul Iman Blimbingsari, Masjid Al-Inayah Jalan Iromejan, Masjid Al-Ikhlas Samirono, Masjid At-Taqwa Jalan Tri Brata Klitren, dan Masjid Asy Syifa’ Kepuh, Masjid Al-Fitrah Terban, Masjid At-Taqwa Jalan Atmokusumo, Masjid Cokrokusuman Jalan Jetis Pasiraman, Masjid Al-Karim Jalan C.Simanjuntak, dan Masjid Baitul Hikmah Jalan Balapan Klitren.

Untuk memperlancar kegiatan itu, panitia penyelenggara membagikan tugas, setiap masjid dibersihkan oleh 10 siswa dan 2 orang(guru dan pegawai). Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Selain itu, setiap masjid juga diberikan bantuan alat-alat kebersihan, seperti sapu, alat pel, dan cairan pembersih lantai.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd dalam membuka acara tersebut mengajak, agar kegiatan ini diniatkan untuk meningkatkan ibadah. Menurutnya, masjid mempunyai peran dan fungsi yang banyak untuk membina masyarakat. lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian madrasah terhadap masjid dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti(HAB) Ke-72 Kemenag RI. “Semoga melalui kegiatan ini, anak-anakku mendapatkan pahala dan berkah dari Allah,”harapnya.

Sementara Staff Wakamad Bidang Kesiswaan Muhammad Amin menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat mengasah kepedulian dan kesadaran para siswa terhadap kebersihan lingkungan, khususnya masjid. “Menjaga kebersihan dan kesucian masjid menjadi tanggungjawab setiap muslim, thaharah(bersuci) merupakan hal yang mutlak dalam beribadah,”terangnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50