Ramaikan HUT Kota Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta Gelar Karnaval

09 Oct 2023, 16:52 MAN 1 Yogyakarta 303

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- MAN 1 Yogyakarta menggelar karnaval pada Jumat, (06/10/23) sebagai wujud peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Yogyakarta ke-267. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh civitas MAN 1 Yogyakarta. Peringatan HUT tersebut ditujukan untuk mengenang sejarah perjalanan Kota Yogyakarta. 

Rangkaian kegiatan karnaval dimulai pukul 07.00 WIB yang diawali dengan doa bersama di lapangan utama MAN 1 Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan berjalan secara beriringan mengitari Jl. Sudirman yang dilepas secara simbolis oleh Wakamad Bidang Humas, Dr. Suyanto. Kegiatan karnaval terkonsep meriah dengan berbagai kostum yang digunakan oleh siswa-siswi serta guru MAN 1 Yogyakarta. Hal ini menjadikan ilustrasi keragaman yang ada di Indonesia.

Tema yang diterapkan setiap level kelas membuat kostum yang digunakan semakin beraneka ragam. Kelas 10 mengusung tema “Keanekaragaman Budaya”. Tampak para siswa menggunakan pakaian adat dari beberapa daerah yang memberi kesan semangat keberagaman. 

Memiliki tema yang berbeda, kelas 11 memeriahkan HUT Kota Yogyakarta dengan tema “Pengelolaan Pengolahan Sampah dan Barang Bekas”, dengan memanfaatkan barang bekas seperti kardus, plastik serta barang bekas lain yang masih bisa di daur ulang untuk dijadikan kostum. Siswa kelas 11 berhasil membuat kostum yang tak kalah meriah dengan kelas lainnya. 

“Tradisi Adat dan Budaya” merupakan tema yang dipilih oleh kelas 12. Siswa-siswi kelas 12 menggunakan pakaian serta tradisi adat dari beberapa daerah, seperti tradisi Gunungan dari Yogyakarta dan ada pula yang menggunakan pakaian serta tradisi dari daerah Bali dan daerah-daerah lain di Indonesia. Sekumpulan tema tersebut mengilustrasikan kreativitas yang tinggi dari siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta.

Perjalanan diramaikan dengan yel-yel dari setiap kelas membuat suasana semakin meriah serta menambah semangat. Kekompakan terjalin antara siswa-siswi dengan para guru. Karnaval yang diadakan MAN 1 Yogyakarta menarik antusiasme yang tinggi bagi masyarakat. Hal ini terlihat ekspresi yang ditunjukkan, bahkan ditemukan masyarakat yang meminta foto bersama dengan rombongan karnaval MAN 1 Yogyakarta.

“Menurut aku karnaval tadi seru banget, per kelas punya maskot dan kostum yang sangat beraneka ragam dan senang bisa ikut meramaikan HUT Kota Yogyakarta dengan kostum-kostum unik dan keren,” tutur salah satu siswa MAN 1 Yogyakarta mengenai kegiatan Karnaval yang sudah dilakukan. (nay/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50