Peringati Hari Pahlawan, MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara dan Lomba-Lomba Menarik

11 Nov 2023, 22:57 MAN 1 Yogyakarta 182

this used to be photo


 Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, MAN 1 Yogyakarta adakan upacara bendera. Upacara yang dilaksanakan di lapangan utama MAN 1 Yogyakarta, Jumat (10/11/23), berlangsung secara hikmat dan dihadiri oleh seluruh civitas akademik MAN 1 Yogyakarta, baik itu para guru, siswa-siswi, dan karyawan.

Peringatan Hari Pahlawan terkonsep dengan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dan pakaian ala pahlawan.
 
Siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta berkumpul di lapangan utama untuk melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan 10 November yang dimulai pukul 07.00 WIB dengan Tim Tonti Sagara sebagai petugas upacara. Mulai dari pengibaran bendera hingga amanat pembina, seluruh rangkaian kegiatan upacara berjalan lancar.

Seusai upacara, digelar kegiatan talkshow sejarah yang kemudian dilanjutkan dengan perlombaan. Siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta sibuk menyiapkan diri untuk mengikuti perlombaan-perlombaan menarik.

Lomba-lomba tersebut meliputi, Gelora Pita Suara, Historical Trail, dan Rangking 1. Lomba Gelora Pita Suara adalah lomba paduan suara yang diikuti oleh seluruh level kelas dengan menyanyikan dua lagu, satu lagi wajib yaitu lagu Maju Tak Gentar dan satu lagu pilihan: Halo-Halo Bandung, Berkibarlah Benderaku, Indonesia Tetap Merdeka dan Bangun Pemudi-Pemuda, dilaksanakan di aula lantai 2 MAN 1 Yogyakarta, suara-suara indah menggema di seluruh penjuru aula.

Lomba lainnya yaitu lomba Historical Trail, yang diikuti oleh seluruh level kelas. Di lomba tersebut, setiap tim perwakilan kelas harus melewati beberapa pos dan menyelesaikan tantangan yang berbeda-beda. Tantangan berkaitan dengan ‘Revolusi Fisik di Indonesia tahun 1945-1949’, ramai riuh dari setiap tim menambah semangat di Hari Pahlawan tersebut.

Lomba terakhir yaitu lomba Rangking 1, dimana lomba tersebut bersifat individu dengan setiap kelas mendelegasikan tiga siswa. Di perlombaan tersebut, setiap orang harus menjawab soal dengan waktu hanya 10 detik setiap soalnya. Memiliki tema yang sama dengan Historical Trail, yaitu ‘Revolusi Fisik di Indonesia tahun 1945-1949’. Di perlombaan ini siswa-siswi diasah pengetahuan umum tentang sejarah.

Ketiga perlombaan tersebut tentu disambut antusias oleh siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta. Sejenak melepas lelah belajar dengan ikut serta dalam perlombaan seru dan menarik sekaligus ikut serta memperingati Hari Pahlawan sebagai masyarakat Indonesia. Rangkaian peringatan Hari Pahlawan ditutup penampilan epik berupa teatrikal perjuangan Bangsa Indonesia dalam memerangi para penjajah. (nay/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01