Pengajian Keluarga MAN 1 Yogyakarta:Memaknai Uswah Hasanah

11 Dec 2017, 02:07 MAN 1 Yogyakarta 1090

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)-Tatkala semangat Umat Islam dan daya juangnya menurun, serta mengalami keterpurukan. Tampilah salah satu tokoh Islam Sholahuddin Al-Ayubi berupaya untuk membangkitkan lagi daya juang mereka untuk membela Islam, yakni dengan menggelar maulid Nabi(12 Rabiul Awwal). Dengan peringatan itu, semangat perjuangan umat Islam waktu kala itu tumbuh lagi.

Hal tersebut mengemuka dalam acara pengajian Keluarga MAN 1 Yogyakarta, Ahad(3/12), di Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Bantul Yogyakarta. kegiatan rutin dua bulanan ini, diikuti seluruh guru dan pegawai, serta keluarga, dengan menghadirkan seorang mubaligh H.Masyhuri Syuhadi.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengatakan, kalaulah tugas pokok yang telah laksanakan setiap pegawai dan guru kemudian dibalas dengan imbalan gaji. “Kita kawatir, kelak di akhirat kita tidak mendapatkan apa-apa, karena semuanya amalan sudah dibalas di dunia(gaji-red),”ungkapnya.

Kerena itu lanjut Wiranto, kegiatan seperti ini, semata-mata untuk menyambung tali silaturrahim yang merupakan bekal akhirat. Ia mengajak untuk mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan dengan memperbanyak amalan ibadah.

Sementara itu mubaligh H.Masyhuri Syuhadi setelah menerangkan latar belakang peringatan maulid Nabi hingga kini dilestarikan oleh sebagian umat Islam. Kemudian ia juga mengajak jama’ah pengajian untuk memikirkan metode dakwah salah tokoh Wali Songo, yakni Sunan Kalijaga. Tuturnya, Sunan Kalijaga sangatlah piawai dalam berdakwah yang menggunakan budaya. Diantara peninggalannya adalah Perayaan Sekaten di Masjid Gede Yogyakarta, yang berasal dari kata Syahadatain.

Terang Masyhuri, peringatan maulid nabi membawa pesan penting. “laqad kaana lakum fii rasulillaahi uswatun hasanah, limangkaana yarjuullaaha wal yaumal aakhir wa dzakarallaaha katsiiran(Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.),”ucapnya membaca QS.al-Ahzab ayat 21.

Menurutnya, uswah hasanah(contoh yang baik) mempunyai dua makna. Pertama, umudiyan yaitu contoh dan keteladanan Rasulullah dalam beribadah ‘hablum minallah’, seperti dalam sholat berjama’ah. Kedua, ufuqiyan yaitu apa yang dicontohkan Rasulullah dalam ‘hablum minannas’ terkait dengan hubungannya dengan manusia, seperti bagaimana cara mengajar, bagaimana cara bermasyarakat, hingga Rasulullah diberi gelar oleh kaumnya sebagai al-amin(orang yang dipercaya.


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50