Pengajian di MAN 1 Yogyakarta: Mengenali Teman

09 Jan 2018, 02:25 MAN 1 Yogyakarta 994

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)-Dalam kehidupan sehari-hari teman mempunyai banyak peran dan pengaruh. Untuk itu mengenali teman menjadi langkah yang positip, agar tidak terkena pengaruh buruk dari teman tersebut.

Hal tersebut disampaikan penceramah Muhammad Najib Asyrof, Lc. M.Ag. dalam pengajian rutin bulanan di MAN 1 Yogyakarta, Senin(8/1)pagi. Menurutnya, siswa yang sejati akan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk menggali potensi dan bakatnya, serta bisa memilih dan mengenali temannya.

Untuk itu lanjutnya, agar setiap siswa bisa memilih teman atau sahabat yang baik. “Carilah teman sebanyak-banyaknya yang insya Allah akan memberikan pertolongan di Yaumil Qiyamah nanti,”ujar Guru Agama yang juga alumnus MAN 1 Yogyakarta itu, melalui ruang audio pusat.

Ungkapnya, banyak istilah dalam Bahasa Arab terkait dengan sahabat. Salah satunya adalah ‘shodiq’ terdiri dari empat huruf yaitu ‘shod’ (ashidqu:jujur), ‘dal’(adamul wahid: satu darah),’ ya’(yadun wahidah:satu tangan), dan ‘qaf’(qalbun wahid:satu hati).

Lanjutnya, setidaknya ada tiga macam teman dalam kehidupan ini yaitu ‘shadiqun manfa’ah’( teman yang memberi kemanfaatan), ‘shadiqun ladzah’(teman yang hanya memberi kenikmatan sesaat), dan ‘shadiqun fadhilah’(teman yang memiliki keutamaan).

Karena itu Ia mengajak para siswa, untuk mencari sahabat yang dapat mengajak dalam kebaikan serta mendekatkan diri kepada Allah. “Jangan lihat sahabat dari fisik maupun harta, tetapi lihatlah budi pekertinya(akhlak),”ujarnya lagi.

Terangnya, dalam kehidupan sehari-hari sangat dimungkinkan terjadi gesekan sehingga menyebabkan marah, karena jengkel dan lain-lain. Maka komunikasi antar teman harus tetap dibangun dan dijaga, dan apabila hal itu terjadi, dilarang mendiamkannya lebih dari tiga hari.

Pengajian rutin tiap bulan itu berlangsung khidmat, sembari mendengarkan ceramah di ruang kelas masing-masing, para siswa juga merangkum materi pengajian pagi itu. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50