Peminjam Buku Teraktif Mendapat Penghargaan Dari Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta

18 Aug 2018, 00:46 MAN 1 Yogyakarta 962

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Membaca buku yang menjadi bagian budaya literasi yang sangat bermanfaat, baik untuk akademik maupun non akademik. Maanfaatnya akan dirasakan di berbagai bidang kehidupan, bahkan negara-negara yang mengalami kemajuan yang pesat karena penduduknya sangat gemar membaca.

Untuk itulah, Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta dalam rangka meningkatkan dan menguatkan budaya literasi akademika, perpustakaan ini mengadakan berbagai kegiatan, antara lain memberikan penghargaan kepada peminjam buku teraktif, pada tiap tahunnya. Apresiasi itu diberikan kepada dua siswa yaitu Aura Barerotul Candra Kirana Kelas XII Keagamaan dan Praditia Ilham Fauzi Kelas XII IPA 1, usai upacara peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI, Jumat(17/8) kemarin.

Pustakawan MAN 1 Yogyakarta Herastuti, A.Md. menyampaikan, kedua siswa tersebut diberikan sertifikat, dua eksemplar buku, dan selempang bertuliskan “The King of Reader dan The Queen of Reader”. Pemberian penghargaan dan apresiasi ini untuk meningkatkan minat baca yang merupakan program literasi,”terangnya.

Sementara itu, Peraih penghargaan yakni Aura Barerotul Candra Kirana dan Praditia Ilham Fauzi, saat ditemui keduanya mempunyai hobi membaca yang unik.

Aura, dalam catatan perpustakaan tahun pelajaran 2017/2018, telah meminjam buku sebanyak 240 kali(buku), sementara Praditia meminjam sebanyak 108 kali(buku).

Aura menuturkan, walaupun sibuk dengan belajar dan tugas-tugas mata pelajaran, ia tetap menyempatkan diri untuk membaca buku, non pelajaran. “Biasanya saya bacanya, sebelum tidur,”ujar siswi penghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Pondok Tahfidz Deresan itu.

Sedangkan Praditia ungkapkan, rutinitas belajar dan tugas-tugasnya sering kali membuatnya merasa jenuh. Karena itu untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan itu, ia sempatkan diri untuk meminjam buku-buku perpustakaan dan membacanya sepulang sekolah. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15