Pemilos MAN 1 Yogyakarta Ajarkan Demokrasi Yang Sehat

03 Oct 2017, 02:53 MAN 1 Yogyakarta 1083

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)-Organisasi Intera Sekolah(OSIS) “Nurul Jadid” MAN 1 Yogyakarta gelar Pemilihan Ketua OSIS(Pemilos) Periode 2017/2018, Senin(2/10). Acara diawali dengan apel pagi di lapangan upacara, yang diikuti seluruh civitas akademika, pukul 07.00 WIB.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. yang memimpin apel pagi itu berharap, agar semua siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut, serta menggunakan hak suaranya. “Jangan gol put,”ujarnya.

Lanjut wiranto, OSIS merupakan tempat berlatih dan menempa calon pemimpin masa depan yang amanah. Untuk itu, ia mengajak agar kegiatan ini diikuti dengan serius.

Usai sambutan Wiranto, kemudian dilanjutkan dengan orasi penyampaian visi dan misi oleh 3 kandidat ketua OSIS, yakni Arfaz Iqbal Madani, Faishal Husaini, dan Dzikri Nurrohman. Dalam orasinya setiap kandidat juga didamping tim sukses masing-masing. Tepuk tangan, dan gelak tawa pun muncul, saat tim sukses setiap kandidat menampilkan yel-yel nya.

Pemilos yang bertema “Pemimpin berintegritas, amanah dan Islami(Pemberani) itu, sebelum dilakukan pemungutan suara juga menggelar debat terbuka untuk 3 kandidat ketua OSIS, di aula lantai 2, dengan menghadirkan tiga panelis yaitu Suyanto, M.Pd,(Guru MAN 1 Yogyakarta), Sri Surani(Ketua Devisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Hupmas KPU Kota Yogyakarta), dan Sigit Nurcahyo(Mahasiswa Fakultas Hukum UMY).

Para kandidat dimintai pendapat tentang beberapa mosi, antara lain, dampak penerapan full day school bagi siswa, kesibukan berorganisasi menyebabkan turunya prestasi belajar siswa, sistem pendidikan home schooling jauh lebih efektif dari pada public school, perkembangan teknologi yang menyebabkan anak-anak Indonesia menjadi malas membaca buku, dan kesataraan gender dalam sistem pemerintahan.

Pada memungutan suara yang berlangsung mulai pukul 10.30 WIB hingga pukul 14.00 WIB itu menghasilkan, Arfaz Iqbal Madani(kandidat 1) memperoleh 299 suara, Faishal Husaini(kandidat 2) memperoleh 113 suara, dan Dzikri Nurrohman(kandidat 3) memperoleh 195 suara, sedangkan kartu pemilihan yang dianggap tidak sah sebanyak 53 suara.

Kandidat ketua OSIS peraih suara terbanyak Arfaz Iqbal Madani, saat ditemui berharap dukungan dan kerjasama semua civitas akademika MAN 1 Yogyakarta, agar ia dan seluruh pengurus OSIS dapat menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya.

Wakamad Bidang Kesiswaan Singgih Sampurno, MA. dengan pelaksanaan Pemilos hari ini, ia berharap para siswa bisa mendapatkan proses demokrasi yang sehat. “Demokrasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur seperti kejujuran dan keadilan,”ujarnya, saat ditemui di akhir acara Pemilos. (tara/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50