Pembangunan Asrama Putri MANPK MAN 1 Yogyakarta Segera Dimulai

21 Jul 2021, 01:03 MAN 1 Yogyakarta 1762

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)—Pembangunan Asrama Putri Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MANPK) MAN 1 Yogyakarta segera dimulai. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta Dr. H. Masmin Afif, M.Ag, Rabu(21/07/2021) pagi.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan peserta yang terbatas, kegiatan ini dihadiri Ketua Komite MAN 1 Yogyakarta Drs.Sayuti, M.Pd.I., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Muntholib, S.Ag, M.SI.,  Kepala Subbag Umum dan Humas, Abd. Su’ud, Kasubbag Perencanaan Data dan Informasi, Jauhar Musthofa, Kasi Sarpras Bidang Dikmad, Bahrul Anwar serta dari pihak pelaksana pembangunan dan segenap civitas akademika MAN 1 Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta Dr. H. Masmin Afif, M.Ag berharap pembangunan Asrama Putri MANPK ini dapat meningkatkan pelayanan masyarakat dan menunjang prestasi madrasah.

“Semoga pembangunan asrama lancar, menguatkan dan mempercepat dalam memujudkan cita-cita, menyiapkan generasi muda, untuk go international,” ujarnya.

Kakanwil Kemenag DIY yang baru ini, juga mengenalkan tagline baru Kanwil Kemenag DIY  yang singkat, namun syarat makna, yaitu “Mempesona” yang merupakan akronim kalimat  ‘membangun moderasi, profesional, normatif dan akuntabel’.  

“Moderasi beragama mejadi program prioritas Kementerian Agama saat ini karena kita hidup dalam masyarakat yang heterogen,” pungkasnya.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menjelaskan, Madrasah ini ditetapkan oleh Dirjen Pendis Kemenag RI, sebagai madrasah unggulan bidang akademik,  dan penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS), serta sebagai madrasah penyelenggara Riset dan penyelenggara Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK).

Ungkap Wiranto, madrasah ini sejak awal selalu berupaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Menurutnya, toleransi beragama menjadi kebutuhan yang mendesak dalam kehidupan bersama, di tengah kemajemukan suku, ras, bahasa, agama dan budaya, serta tradisi.

Lanjutnya, saat ini ada siswa yang menjadi duta moderasi yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan, salah satu siswa madrasah ini, yaitu Karang Jimbaran Setyatrisila (Kelas X), berhasil meraih medali emas tangkat internasional.

Ia berharap pembangunan asrama putri ini, dapat melengkapi asrama putra yang sebelumnya sudah dibangun, serta menunjang prestasi madrasah. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01