Pembagian Raport Akhir Semester, MAN 1 Yogyakarta Gelar Smart Parenting

23 Dec 2021, 08:04 MAN 1 Yogyakarta 693

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Bertepatan dengan berakhirnya proses belajar mengajar di semester ganjil, MAN 1 Yogyakarta melaksanakan kegiatan pembagian raport. Pembagian raport dilaksanakan secara tatap muka dengan dibagi dalam tiga sesi. Pembagian raport dilanjutkan dengan acara pertemuan wali siswa khusunya bagi wali siswa kelas 11 di Aula lantai 2, Kamis, (23/12/21) pagi.

Pada kegiatan pertemuan wali siswa ini, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd menyampaikan berbagai informasi madrasah terkait dengan inovasi madrasah, kegiatan madrasah serta ratusan prestasi yang diraih oleh siswa siswi MAN 1 Yogyakarta.
Setelah sambutan dari kepala madrasah dilanjutkan dengan sesi seminar smart parenting dengan judul "Optimalisasi Hasil Pemeriksaan Psikologis terhadap Pengasuhan Anak". Seminar tersebut disampaikan oleh seorang psikolog, Novia Fetri Aliza, M.Psi, seorang psikolog dari Biro Psikologi Fokus. 

Aliza menyampaikan, mengasuh anak artinya menjalankan pekerjaan Rabbani dan melibatkan semua aspek yang ada dalam diri orangtua, sehingga perlu keterlibatan baik dari ayah dan ibu. Selain memaparkan terkait pengasuhan anak, Aliza juga menyampaikan terakit permasalahan remaja saat ini, baik di lingkup sekitar madrasah maupun dimasyarakat luas. Jika melihat akarnya, permasalahan remaja dapat dicegah dengan pengasuhan kedua orangtua yang optimal dan benar-benar hadir “here and now” bagi anak.

"Siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta banyak yang memiliki kecerdasan di atas-rata, oleh karenanya perlu diseimbangkan dengan kecerdasan emosi yang baik karena banyak kesuksesan diraih oleh mereka yang tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga secara emosional,” papar Aliza. 

Aliza juga menyampaikan bahwa aspek kognitif yang baik tapi tidak diseimbangi dengan keterampilan emosi yang baik, maka berpotensi memunculkan permasalah sosial pada anak. Hal tersebut dapat dicegah dengan pengasuhan yang baik dari orangtua kepada anak. 

Terakhir, Aliza menyampaikan agar orangtua merekatkan kembali kedekatan antar anggota keluarga dengan meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama. (ksa/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54