Mujahadah Mengawali Tahun Pelajaran Baru dan Matsama MAN 1 Yogyakarta

12 Jul 2021, 03:13 MAN 1 Yogyakarta 542

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) - Untuk mengawali Tahun Pelajaran Baru 2021/2022 dan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama), MAN 1 Yogyakarta  gelar mujahadah dan doa bersama K.H.Sholehuddin Mansyur, S.Ag., Senin (12/07/2021) pagi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, pegawai, siswa kelas X, XI, dan XII, via zoom meeting dan siarkan langsung melalui chanel youtube madrasah: https://www.youtube.com/watch?v=C3Z8TQBaZ5s.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. berharap, meskipun acara digelar secara virtual, para siswa dapat mengikuti semua kegiatan dengan baik. Tuturnya, masa pandemi covid-19 belum berakhir. Karena itu, ia mengajak kepada semua civitas akademika untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 ini.

Ia juga mengajak untuk berdzikir dan berdoa untuk para guru, pegawai, dan anggota keluarga yang meninggal karena terpapar virus Covid-19. “Kita doakan, mudah-mudahan yang wafat karena Covid meninggal dengan husnul khatimah. Mudah-mudahan pandemi covid-19 segera berakhir, kita kembali kepada Allah,” ujarnya.

Sebelum memimpin doa dan mujahadah, K.H.Sholehuddin Mansyur menyampaikan, semua peristiwa yang terjadi merupakan kehendak Allah Swt. Lanjutnya, di balik semua peristiwa dan musibah yang terjadi ada hikmah yang baik bagi orang beriman.  

Ajaban li amril mu’min, inna amrahu kullahu lahu khairun Walaisa dzalika li ahadin illa lil mu’min. In ashabat-hu sarraa-u syakara fakaanat khairan lahu  Wa in ashabat-hu dharra-u shabara fakaanat khairan lahu (Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya),” ujarnya mengutip hadits Nabi Riwayat Muslim.

Sholehuddin juga menganjurkan, dalam kondisi pandemi untuk bersabar, banyak berdzikir yang merupakan usaha batin dan menjaga kesehatan mengikuti protokol kesehatan sebagai usaha lahir. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54