Motivasi Siswa Kelas XII MAN 1 Yogyakarta: Studi Di Luar Negeri, ‘Why not?’

27 Nov 2018, 17:01 MAN 1 Yogyakarta 1170

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Mendampingi dan membimbing siswa kelas XII untuk sukses studi lanjut merupakan bagian program kerja madrasah. Seiring dengan banyaknya alumni yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri, maka MAN 1 Yogyakarta menyelenggarakan Motivasi dan Sosialisasi Studi Lanjut ke Luar Negeri, Senin (19/11)pagi, di Aula lantai 2.

Kegiatan ini diikuti 223 siswa semu program studi, dengan mendatangkan narasumber Dr.Muhajir Dosen UIN Sunan Kalijaga. Ia sangat apresiasi MAN 1 Yogyakarta karena banyak alumninnya yang berhasil melanjutkan studi ke Pergruan tinggi di Luar negeri.

Beberapa alumni MAN 1 Yogyakarta, kata Muhajir, pernah ia jumpai dalam berbagai event di luar negeri. Salah satunya, Agung Muhammamd Denivan alumnus Tahun 2012 yang sedang menempuh kuliah S1 di Korea. Menurutnya, Keberadaan alumni yang telah berhasil menempuh studi lanjut ke luar negeri. baik Korea, Jerman, Australia, Turki dan lain-lain, bisa menjadi motivasi besar untuk adik adik kelasnya mengikuti jejak alumni.

Dengan tema ‘Studi Luar negeri Why Not’ Muhajir memberikan gambaran tetang era globalisasi. Dimana dunia sudah berubah menjadi bidang datar “the world is Flat” dengan keberadaan HP android. Bukan menjadi hambatan ketika kita hendak mencari infomasi dan mengenal secara dekat tentang Negara yang akan kita kunjungi. “Karena semua informasi telah tersedia di dalam media on line,”ujarnya

“Maka tidak menjadi alasan kurangnya informasi menjadi hambatan seseorang untuk dapat melanjutkan studi lanjut ke luar negeri,”imbuhnya.

Setidaknya, Ada empat langkah yang harus di siapkan untuk dapat melanjutkan stud ke Luar negeri. Pertama, ada niat dan keinginan keras. Kedua, memiliki prestasi akdemik. Ketiga, mencari informasi tentang perguruan tinggi yang akan dituju. Dan keempat, menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Ke-empat langkah ini harus dipersiapkan lebih dini dari mulai siswa di awal semester kelas XII.

Fasilitas beasiswa lanjutnya, banyak disediakan untuk studi lanjut ke luar negeri. Hal ini bisa dimanfaatkan agar kendala biaya bisa diatasi. Sebagai contoh beasiswa yang disediakan negara Indonesia yaitu Lembaga Pegelola Dana Pendidikan (LPDP). Tujuan utama beasiswa LPDP adalah mempersiapkan pemimpin yang professional masa depan di Indonesia. Maka sangat memungkinkan bagi siswa yang secara akademis bagus dan memiliki kemampuan leadership akan memperoleh dana beasiswa dari LPDP ini.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengajak, agar siswa kelas XII tetap optimis untuk dapat meriah cita-cita studi di luar negeri. Yang terpenting menurutnya, agar siswa madrasah jangan pernah melupakan karakter madrasah sebagai siswa yang cerdas dan Islami.

“Karakter sopan santun dan rendah hati harus terus terbangun menjadi jati diri siswa madrasah meskipun sudah tinggal di negara lain dengan karakter yang berbeda dengan Negara kita,”pintanya.

Di akhir acara, salah satu siswa kelas XII IPS3 Dwya Elsa Yulianti menyampaikan apresiasi terhadap acara ini. Elsa berharap dapat melanjutkan studi di Australia atau Jepang. Ia tertarik untuk mempelajari budaya dan sistem pendidikan di negara lain. “Saya berharap acara ini dilanjutkan dengan pendampingan, hingga sukses masuk perguruan tinggi nanti,”ujarnya.(htn/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15