MAN 1 Yogyakarta Gelar Workshop Gerakan Literasi untuk Siswa, Guru, dan Pegawai

11 Feb 2022, 07:53 MAN 1 Yogyakarta 826

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Menulis menjadi media untuk mewariskan dan menyambung peradaban dari generasi ke generasi berikutnya. Di balik kemodernan yang dirasakan masyarakat dalam segala bidang dewasa ini, sungguh ada pengorbanan dan kepedulian generasi sebelumnya yang telah mewariskan peradaban. Salah satunya yang mereka tuangkan lewat karya tulis. Bisa dibayangkan, bagaimana jika mereka tidak mengabadikan penemuan, kemajuan, dan peradaban tersebut; dipastikan kita tidak akan merasakan kemodernan seperti saat ini. Karena pentingnya hal tersebut, untuk menguatkan budaya literasi, MAN 1 Yogyakarta menggelar workshop gerakan literasi selama dua hari, Kamis-Jumat (10-11/02/2022) di Aula lantai 2. Kerja sama antara MAN 1 Yogyakarta dan Penerbit Omera Ajibarang Kulon, Kec. Ajibarang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. 

Hadir sejumlah narasumber Omera Pustaka: Rahmi Wijayanti (Direktur Omera Pustaka), Jufri Fatsanjani (Penulis Novel), Novita Dwi, Nuringtyas, Fitri Anggraeni, Ika Salsabila, Siti Wahyuni, Dinar Hardini, Sekar Putri (Tim Kamera), dan Arif kurniawan (Gitaris).

Workshop dengan tema 'Menjadi Madrasah Inspiratif, Mandiri, Berprestasi' ini dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY, H. Muntholib, S.Ag, M.SI, dan diikuti oleh seluruh guru, siswa, dan tenaga kependidikan.

Muntholib menyampaikan apresiasi yang tinggi atas langkah-langkah MAN 1 Yogyakarta dan terselenggaranya kegiatan ini. Ungkapnya, madrasah ini telah banyak melakukan inovasi dan kreasi, serta respons cepat terhadap regulasi baru, seperti E-learning dan program digitalisasi madrasah. Ia mengajak para peserta untuk banyak membaca. "Literasi harus kita bangun mulai sekarang," ujarnya.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., mengatakan, civitas akademica madrasah sangat perlu untuk meningkatkan literasi. Untuk itu, madarasah berupaya membangun kesadaran membaca dengan mendorong siswa untuk baca buku sepuluh menit sebelum KBM, optimalisasi perpustakaan, gerakan riset dan karya tulis, serta membentuk komunitas membaca.

Sementara itu, Jufri Fatsanjani, salah satu narasumber Omera Pustaka menuturkan, menulis menjadi cara untuk transformasi peradaban dan ilmu pengetahuan. Lanjutnya, tulisan akan menginspirasi. "Meskipun perkara buruk, kalau disampaikan (dengan tulisan-red) bisa menjadi rambu-rambu bagi orang lain," ujarnya. 

Kata Jufri, untuk kelancaran menulis,  ide dasar tulisan, bisa digali dan dimulai dari peristiwa yang ditemui atau pengalaman hidup. "Paling mudah untuk 'mengail ide' adalah pengalaman pribadi, karena kita tahu detail," ujarnya. 

Lanjutnya, proses kreatif harus dimulai hari ini untuk kesuksesan di masa yang akan datang." Penuhi 'lumbung' pikiran kalian dengan banyak membaca buku," pungkasnya.

Tampak workshop ini diikuti civitas akademica dengan penuh antusias. Workshop berlangsung meriah, aktivitas dikemas secara kreatif. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Rayakan Milad ke-9 Organisasi Mansa Journalist Gelar Acara Meriah
04 May 2024, 13:33

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15