MAN 1 Jogja Genjot Kemampuan Bahasa Inggris Aktif

11 Apr 2019, 07:08 MAN 1 Yogyakarta 1243

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1YK)—MAN 1 Yogyakarta terus mingkatkan kemampuan para siswa dalam menguasai Bahasa Inggris Aktif, yaitu memiliki kecakapan untuk menuangkan gagasaan pikiran dalam sebuah tulisan dengan struktur bahasa yang benar, di samping itu ia dapat berkomunikasi fasih (fluent) dengan lawan bicara, serta kemampuan productive skill dapat menggunakan kata atau kalimat bahasa asing secara kontekstual, sesuai dengan kondisi dan situasi yang sedang berlangsung saat percakapan berlangsung.

Untuk mencapai tujuan tersebut, para siswa madrasah tersebut, didorong untuk memperbanyak praktik secara langsung kepada turis asing atau juga kepada native sepeaker. Seperti kegiatan yang dilaksanakan beberapa siswa MAN 1 Yogyakarta, Ahad(7/4) kemarin, di Keraton Yogyakarta dan Taman Sari Keraton Yogyakarta.

Guru Bahasa Inggris Mohammad Zeni, M.Pd. menjelaskan, praktik berbahasa Inggris dengan turis asing dan native speaker merupakan cara efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Aktif.

“Kegiatan ini untuk menguji kompetensi mereka dalam listening(mendengarkan) dan speaking(berbicara),”ujar Zeni, guru pendamping kegiatan, saat ditemui Rabu,(10/4) pagi.

Lanjutnya, setiap siswa yang hadir ditempat wisata itu, diberi tugas mencari turis asing, untuk berkenalan, sharing wawasan budaya negara asal mereka. Lantas dari perkenalan tersebut, mereka diharapkan bisa mandiri untuk berkomunikasi dan mempraktikan bahasa mereka, tanpa pendampingan dari guru.

Salah satu siswa Yulia Noor Alviyanti (X Prodi IPS) mengutarakan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah motivasinya, untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Serta menguatkan mental dan keberanian dalam berbicara dengan bahasa asing tersebut.

Begitu juga dengan Silam Qaulan Layyinan(X Prodi IPS), yang turut praktik dalam kegiatan ini. tuturnya, pada mulanya, ia kurang berani, dan merasa minder. Bahkan, dari turis asal Negeri Belanda, ia merasa termotivasi untuk meningkatkan Bahasa Inggris. “Orang Belanda saja bisa Bahasa Inggris,”kesannya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Cetak Langkah Baru, Tim Nasyid Mansa Voice Juara 3 Lomba Nasyid se-DIY
17 May 2024, 17:31

Kembali Hadirkan Prestasi, Siswi MAN PK MAN 1 Yogya Juara Musabaqah Fahmil Quran 2024
17 May 2024, 17:26

Kemenangan Gemilang: Ganda Campuran MAN 1 Yogya Juara 1 PKM Bulu Tangkis
17 May 2024, 17:17

Juwita Wahyu Zahra, Siswi MAN 1 Yogya, Raih Medali Emas Cabor Pencak Silat POPDA DIY 2024
17 May 2024, 17:09

Kembali Bawa Pulang Piala, Aisyah Qisthy, Siswi MAN 1 Yogya Raih Posisi Pertama Lomba MHQ
17 May 2024, 17:03