Luar Biasa; Fadhil, Siswa MAN 1 Yogya Kalungi Medali Emas KSM Tingkat Nasional 2024

07 Sep 2024, 20:35 MAN 1 Yogyakarta 189

this used to be photo

Ternate, Maluku Utara (MAN 1 Yogyakarta) -- Prestasi gemilang kembali diperolah MAN 1 Yogyakarta di tingkat nasional. Kali ini di ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) yang berlangsung di Ternate, Maluku Utara pada Selasa s.d. Sabtu (2-7/9).  KSM pada babak final diikuti 880 peserta dari 34 provinsi, baik kategori individu maupun kategori beregu. Masing-masing peserta bersaing untuk masuk ke tahap berikutnya yaitu KSM babak Grand Final. KSM tahap Grand Final merupakan puncak tahapan seleksi KSM di tingkat nasional. Tahapan ini diikuti oleh 6 siswa terbaik per bidang studi pada kategori individual dan 3 regu untuk menjaring siswa terbaik yang akan mendapatkan medali emas, medali perak, medali perunggu.

Ahmad Fadhil, siswa kelas XII A MAN 1 Yogyakarta, berhasil mengalungi medali emas KSM Tingkat Nasional 2024 ini pada bidang lomba Geografi Terintegrasi.  Perjuangan Fadhil ini merupakan kebanggaan bagi MAN 1 Yogyakarta yang setiap hari selalu mencatatkan prestasinya di tingkat nasional.

Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd, kepala MAN 1 Yogyakarta, yang menghadiri kegiatan di Ternate tersebut mengemukakan perasaan bangganya atas keberhasilan kontingen MAN 1 Yogyakarta memboyong medali, dan salah satunya poin sukses MAN 1 Yogyakarta berupa medali emas  yang diperoleh Fadhil ini. Wiranto menambahkan, sudah sepantasnya Fadhil mendapatkan medali ini, karena siswa ini memang sejak berada di Ternate tidak pernah meninggalkan kesempatannya untuk belajar dan belajar.

"Kebanggaan kami ini juga merupakan kebanggaan seluruh madrasah di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Khusus MAN 1 Yogyakarta sebagai madrasah yang mendunia, kami selalu memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mewujudkan cita-cita dan harapannya dalam memenangkan kompetisi di bidang apa pun," tambah Wiranto.

Dhany Mellyana, S.Pd. guru Geografi MAN 1 Yogyakarta sekaligus pembimbing Fadhil mengemukakan keharuan dan rasa bangganya atas kemenangan yang diperoleh Fadhil. “Memang anaknya yang luar biasa. Secara kemampuan dia sudah tinggal dipancing langsung bisa mengakses hal-hal yang dipersoalkan. Sangat luar biasa Mas Fadhil ini. Dia belajar dari berbagai sumber, berbagai relasi, dan komunitas. Proses panjang yang dilaluinya dari sejak seleksi di tingkat kabupaten hingga tingkat nasional ini bukti dari kerja keras dan kerja cerdasnya dalam mempersiapkan kemenangannya dalam mengikuti even KSM di mata pelajaran Geografi ini. Alhamdulillah, Fadhil mampu merampungkan dengan tepat semua soal kompetisi yang terdiri atas 10 butir soal, meliputi 9 butir soal uraian dan 1 soal eksplorasi,” ungkapnya. (wk)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45

MAN 1 Yogyakarta Adakan Pelatihan P3K untuk Guru dan Tenaga Kependidikan
09 Sep 2024, 14:06