Lomba Lukis Tong Sampah di Kemah Bhakti MAN 1 Jogja Ajak Masyarakat Peduli Sampah

01 Apr 2019, 05:04 MAN 1 Yogyakarta 2022

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1 YK)—Pengetahuan menjaga kebersihan lingkungan dan kesadaran dalam penanggulangan sampah menjadi agenda mendesak yang membutuhkan peran serta masyarakat. Bahkan, baru-baru ini volume sampah yang melimpah menjadi masalah tersendiri di Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama Tempat Pembuangan Akhir(TPA) Sampah di Kawasan Piyungan Bantul.

Karena itu, untuk menguatkan kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan, para peserta Kemah Bhakti Pramuka MAN 1 Yogyakarta yang digelar Bumi Perkemahan Bumi Tangkil, Kemiri, Purwobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta itu, mengadakan lomba menghias tong sampah, sebagai ajakan untuk “back to nature” sebagaimana tema yang diusung dalam perkemahan ini.

Tampak setiap sangga mengutus 2 orang anggotanya untuk mengitu perlombaan ini, berbekal cat dan peralatan lukis, serta ember bekas cat tembok. Di tangan-tangan terampil mereka, barang bekas tersebut diubah menjadi karya yang indah dan menarik.

Devisi Lomba Perkemahan Bhakti Kharisma Qonita menuturkan, perlombaan ini sebagai respon terhadap problematika masyarakat saat ini, yaitu masalah penanggulangan sampah. Lanjutnya, melalui kegiatan perkemahan ini, setidaknya dapat menumbuhkan kesadaran dan menguatkan kesadaran para peserta kemah. “Ini merupakan peran dan tindakan nyata terhadap permasalahan ini,”ujarnya, sambil mengawasi jalan perlombaan, Ahad (31/3).

Lanjut Kharisma, pemenang perlombaan akan diumumkan pada penutupan perkemahan, Selasa(2/4) mendatang. Kemudian hasil karya mereka akan diberikan kepada masyarakat sekitar.

Selain lomba lukis tong sampah, juga di adakan pula bersih desa sekitar bumi perkemahan, masjid, Taman Pendidik Al-Quran, TK dan PAUD, serta lomba masak dan lomba pioneering yang digelar usai sholat Dzhur. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Cetak Langkah Baru, Tim Nasyid Mansa Voice Juara 3 Lomba Nasyid se-DIY
17 May 2024, 17:31

Kembali Hadirkan Prestasi, Siswi MAN PK MAN 1 Yogya Juara Musabaqah Fahmil Quran 2024
17 May 2024, 17:26

Kemenangan Gemilang: Ganda Campuran MAN 1 Yogya Juara 1 PKM Bulu Tangkis
17 May 2024, 17:17

Juwita Wahyu Zahra, Siswi MAN 1 Yogya, Raih Medali Emas Cabor Pencak Silat POPDA DIY 2024
17 May 2024, 17:09

Kembali Bawa Pulang Piala, Aisyah Qisthy, Siswi MAN 1 Yogya Raih Posisi Pertama Lomba MHQ
17 May 2024, 17:03