Laksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) Kelas XI, MAN 1 Yogyakarta Berikan Bimbingan Remaja Usia Sekolah

15 Jul 2024, 14:13 MAN 1 Yogyakarta 231

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) – Masa Orientasi Siswa (MOS) lazimnya diberikan pada siswa kelas X. Kali ini, MOS diberikan kepada siswa kelas XI. Siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta mengikuti kegiatan BRUS “Bimbingan Remaja Usia Sekolah”, Senin (15/07/2024). 

BRUS merupakan upaya yang sistematis dan terarah untuk membantu remaja dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang terjadi selama masa sekolah. Bimbingan ini mencakup berbagai aspek; mulai dari akademik, emosional, sosial, hingga perkembangan pribadi. Salah satu materi yang disampaikan tentang bagaimana siswa mampu mengelola emosional dan sosial, terutama tentang pentingnya kesehatan mental dan cara mengelola stres.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi kelas XI berdasarkan surat dari Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta nomor B-5225/Kw.12.1/5/PP.03/ 07/ 2024 tentang Materi MOS pada Kelas XI MA. Ada Sembilan pemateri yang diundang dalam kegiatan ini yang kesemuanya merupakan penyuluh di lingkungan Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, pemateri-pemateri tersebut adalah:
1. Eko Agus Wibowo, S.Sos.I (Penyuluh Agama Islam Ahli Muda pada KUA Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
2. Nur Akhmad, S.Ag., MA. (Penyuluh AgamaAhli Madya pada pada KUA Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
3. N Sholihat, S.H.I (Penyuluh Agama Ahli Muda pada pada KUA Kemantren Pakualaman Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
4. Ismiyati, S.Ag (Penyuluh Agama Ahli Muda pada pada KUA Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
5. Muhammad Makhlani, S.Ag. (Penyuluh Agama Ahli Madya pada pada KUA Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
6. Handri Kusuma, S.Ag., M.S.I (Penyuluh Agama Ahli MADYA pada pada KUA Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
7. Siti Da’imah, S.Ag. (Penyuluh Agama Ahli Madya pada pada KUA Kemantren Jetis Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
8. Nunuk Rijojo Adi, S.Ag., M.Ag (Penyuluh Agama Ahli Muda pada pada KUA Kemantren Mantrijeron Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
9. Samsul Ma’arif, S.Th.I, M.S.I. (Penyuluh Agama Ahli Mady pada pada KUA Kemantren Tegalrejo Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta)
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 15 Juli 2024 mulai pukul 09.30 s.d. 11.30 WIB di ruang kelas masing-masing.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyatakan, “Kami sangat senang melihat antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Kami berharap kegiatan BRUS ini dapat membantu mereka dalam menghadapi berbagai tantangan dan meraih kesuksesan di masa depan.” (ha)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Perkuat Karakter dan Pemahaman Ajaran Islam, Man 1 Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan Perawatan Jenazah
17 Oct 2024, 10:57

Langkah Awal Masa Bakti: Pramuka MAN 1 Yogyakarta Gelar Upacara Serah Terima Jabatan
16 Oct 2024, 08:10

Ekspedisi Gunung Andong untuk Calon Anggota KPGR-LG demi Meningkatkan Kemampuan dalam Navigasi Darat
16 Oct 2024, 08:06

Kegiatan P5RA: Kelas X Kunjungi Museum Sangiran Kenalkan Gaya Hidup Berkelanjutan
16 Oct 2024, 00:46

Peringati Hari Santri, MAN 1 Yogyakarta Adakan Manasik Haji
16 Oct 2024, 00:42