Kukuhkan Sebagai Madrasah Moderasi, MAN 1 Yogyakarta Juara 1 Madrasah Moderasi Beragama Tingkat Nasional

03 Oct 2023, 22:30 MAN 1 Yogyakarta 498

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- MAN 1 Yogyakarta berpartisipasi pada ajang Ekspos Inovasi Moderasi Beragama 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI kategori Madrasah Moderasi tingkat nasional. Partisipasi MAN 1 Yogyakarta membuahkan hasil lolos 3 besar nominasi Madrasah Moderasi yang dilanjutkan penjurian visitasi.

Pasca dilakukan visitasi oleh tim juri yaitu Prof. Inyoman Yoga Segara Wakil Rektor Universitas Hindu negeri 1 Gusti Bagus, H. Ansori Kepala Litbang Agama Semarang, Khusnul Muna Balitbang Semarang, tibalah pengumuman penentuan deretan juara Madrasah Moderasi. Visitasi tersebut bertujuan untuk peninjauan secara langsung terkait kesesuaian antara konsep Moderasi Beragama yang diajukan dengan praktik yang ada di madrasah.

MAN 1 Yogyakarta keluar sebagai Juara 1 dalam kontestasi Madrasah Moderasi pada dini hari Selasa (3/10/2023).

Kejuaraan yang diraih oleh MAN 1 Yogyakarta merupakan hasil penyeleksian antar madrasah tingkat nasional yang cukup panjang dan sangat ketat.

Berdasarkan hasil tersebut menegaskan bahwa MAN 1 Yogyakarta adalah madrasah yang moderat dan ramah dalam setiap perbedaan. Selain itu, MAN 1 menjadi madrasah yang memberikan fasilitas sikap moderat bagi peserta didik.

Prof Inyoman sangat terkesan dengan penerapan Moderasi Beragama yang ada di MAN 1 Yogyakarta. Spot terapan yang paling disorot adalah Ruang Konseling Keagamaan dan Moderasi Beragama, serta Angkringan Buku Moderasi Beragama.

Konsep konseling yang diterapkan di MAN 1 Yogyakarta memiliki keunggulan dengan bimbingan keagamaan, termasuk studi kasuistik yang ada di lingkungan sekitar. Kemudian Angkringan Buku Moderasi Beragama memberikan fasilitas terhadap peserta didik dalam memberikan pemahaman keagamaan beserta sikapnya yang moderat. Kedua hal ini ditambah dengan hasil wawancaranya kepada beberapa siswa MAN 1 Yogyakarta terkait pengetahuan dan penerapan Moderasi Beragama di MAN 1 Yogyakarta.

Dalam kontestasi Madrasah Moderasi, MAN 1 Yogyakarta mengungguli seluruh madrasah tingkat nasional. Peringkat kedua ditempati oleh MA Bali Bina Insan Tabanan Bali dan MTsN 1 Pasuruan Jawa Timur sebagai peringkat yang ketiga.

Sejalan dengan tema yang diangkat pada ajang kali ini, sikap Moderasi Beragama yang diterapkan dalam lingkup madrasah menjadi modal dalam melahirkan insan yang beradab. Capaian ini menunjukkan MAN 1 Yogyakarta menjadi yang terdepan dalam tujuan ini, memberikan pendidikan dan lingkungan yang moderat.

Kepala MAN 1 Yogyakarta, Drs. H. Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian Juara 1 Madrasah Moderasi. Capaian ini adalah salah bentuk syiar MAN 1 Yogyakarta terkait Moderasi Beragama dan telah di terapkan di dalamnya.

Ia menambahkan bahwa sebelum trend istilah moderasi beragama muncul, MAN 1 Yogyakarta telah menerapkannya terlebih dahulu. Hal ini ditunjukkan dengan alumni yang menjadi tokoh besar nasional dan ikut andil dalam menahan laju radikalisme di Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, H. Nadzif, S.Ag., M.Si., mengucapkan selamat dan sukses serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada MAN 1 Yogyakarta yang telah berhasil mencapai Juara 1 dalam kontestasi Madrasah Beragama.

Berkat usaha maksimal dari tim yang dikomando oleh Kanit Keagamaan Apriyata Dzikri Ramadhan, S.Hum., prestasi tersebut dapat dicapai. Keberhasilan MAN 1 Yogyakarta mencapai Madrasah Moderasi diharapkan menjadi motivasi untuk konsisten andil dalam peneguhan Moderasi Beragama dan menahan arus laju radikalisme. (ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50