KSKK Madrasah Segera Launching Platform Mandiri Belajar

18 Mar 2022, 01:05 MAN 1 Yogyakarta 627

this used to be photo

Yogyakarta (Pendis) — Dalam waktu dekat Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI akan melaunching Platform Mandiri Belajar. Platform ini berisi buku Elektronik Bahasa Arab dan video Bahasa Arab. Seperti disampaikan Direktur KSKK Madrasah Moh.Isom dalam kegiatan finalisasi persiapan launching Platform Mandiri Belajar; Electronic Book dan video Bahasa Arab, Rabu (16/03/2022) sore, di Hotel Santika Premiere Yogyakarta.

“Platform yang akan dilaunching merupakan sistem Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM), basis data madrasah dan siswa yang mengikuti Ujian Madrasah (MI-MA/MAK) Tahun 2022. PDUM akan membantu madrasah dan para siswa yang ingin melihat data kelas akhir juga dalam proses Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) di masing-masing madrasah, terang Ishom. 

Kegiatan ini melibatkan tim ahli terpilih. Mereka yang telah melakukan banyak inovasi di tempat tugas masing-masing (se-Indonesia) dan memiliki pemikiran yang visioner. Mereka yaitu Kepala Madrasah, Pegawas, Guru, Widyaiswara, Asesor, Biro Hukum, Peneliti, OKH, dan sejumlah pelaksana dari Direktorat KSKK.
“Sistem PDUM akan memberikan data riil siswa kelas akhir, untuk persiapan percetakan ijazah nantinya. Sehingga kasus ijazah palsu dapat dicegah,” ungkapnya. 

Lanjutnya, sistem ini akan terus dikembangkan dievaluasi, serta beberapa menu diperbarui (Update); antara lain pembaharuan pada Education Management Information System (EMIS) dan menu siswa mengulang. Sedangkan, buku-buku elektronik yang akan dilaunching adalah buku-buku mata pelajaran agama dan Bahasa Arab yang dilengkapi dengan video. 

“Buku-buku Bahasa Arab tersebut telah dilakukan penyelarasan  bahasa, yaitu kerjasama  Direktorat KSKK Madrasah dengan Pusat Penilitian dan Interkomunikasi Pengetahuan di Kerajaan Arab Saudi,” pungkasnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54