Khutbah Jumat MAN 1 Yogyakarta: Kuatkan Moderasi Beragama dalam Kemajemukan dan Perbedaan

23 Dec 2022, 20:28 MAN 1 Yogyakarta 319

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Penerapan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari perlu didasari dengan prinsip adil, berimbang dan toleran. Adil artinya tidak berat sebelah, tidak memihak, hanya berpihak pada kebenaran, dan sepatutnya tidak melakukan kesewenang-wenangan kepada siapapun. Berimbang artinya cara pandang, sikap, dan komitmen untuk selalu berpihak pada keadilan, kemanusiaan dan persamaan. Kemudian toleran artinya penghargaan terhadap perbedaan pandangan dan kemajemukan identitas budaya masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan dalam khutbah Jumat oleh khatib Hilman Abdullah, S.Hum., Jumat (23/12/2022), di Masjid Al-Hakim Komplek MAN 1 Yogyakarta.  Rangkaian ibadah sholat Jumat, diikuti oleh civitas akademika.

Terang Khatib Hilman, moderasi beragama merupakan  cara pandang, pemahaman dan pengamalan agama yang menekankan pada keberimbangan antara sisi substansi dan aplikasi, keterbukaan sikap beragama dan relijiusitas obyektif, merupakan bagian dari langkah staregis untuk menjaga dan mengelola kekayaan khasanah bangsa yang berupa keragaman suku, budaya, bahasa, agama dan sebagainya. 

“Semua itu merupakan realitas sosial kebangsaan, yang tentunya tidak bisa dinafikan oleh segenap eleman bangsa dengan alasan ataupun pertimbangan atau kepentingan apapun,” ujarnya. 

Ungkapnya, beragama itu pada dasarnya merupakan kesadaran kemanusiaan yang paling mendasar yang didasarkan pada keyakinan terhadap Dzat Yang Maha Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang diwujudkan dalam sikap-mental dan perilaku yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan dan ketuhanan. 

Karena itu, penguatan moderasi beragama pada dasarnya merupakan bagian dari ikhtiar membuka kesadaran akan arti pentingnya menumbuhkan kesadaran menjaga amanat bangsa yang kaya dengan keragamanan suku, budaya, bahasa dan agama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07