IFI-LIP Yogyakarta Lakukan Kunjungan di MAN 1 Yogyakarta

26 Feb 2018, 06:17 MAN 1 Yogyakarta 1500

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)— Direktris Institut Français Indonesia(IFI)Yogyakarta-Lembaga Indonesia Prancis(LIP) Yogyakarta Sarah Camara lakukan kunjungan di MAN 1 Yogyakarta, Jumat(23/2). Ia hadir bersama Caudron Victoria (Navite Speaker), Merry Andriani(Penanggung Jawab Pedagogis IFI-LIP Yogyakarta), dan Fitria(Penanggung Jawab Campus France IFI-LIP) untuk sosialisasi studi di perguruan tinggi Prancis. Mereka disambut hangat oleh para siswa prodi Bahasa dan segenap civitas akademika, di Aula lantai 2.

Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Humas Hartiningsih, M.Pd mengatakan, kehadiran mereka sangatlah tepat. Pasalnya, sosialisasi studi di perguruan tinggi di Prancis menjadi agenda yang penting. Mengingat di era global, kegiatan seperti ini akan membuka cakrawala, pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan para siswa, khususnya bagi mereka yang ingin studi di luar negeri(baca:Prancis).

Kata Aning, demikian sapaan akrabnya, madrasah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, pengusaan bahasa asing, seperti Bahasa Prancis, sangatlah penting. “Bahasa merupakan sarana untuk menyampaikan pesan,”tutur Aning, yang didampingi Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Sarpras Dadang Suyono, M.S.I.

Penyambutan tamu sangat meriah. Ketika tamu memasuki ruang aula dan sebelum presentasi tentang studi di perguraan tinggi Prancis dimulai, para siswa prodi Bahasa itu secara serempak menyayikan lagu berbahasa Prancis dengan judul bonjour, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi dengan judul deux enfants au soleil olehNoviana Lestari dan sajian lagu berjudul Le Festin olehPramudya Arya Wibowo. Keduanya merupakan kelas XII Prodi Bahasa.

Setelah presentasi, kemudian disambung dengan dialog seputar perguruan tinggi di Prancis, beasiswa, budaya, dan kultur di negara tersebut. Bahkan, di sela-sela dialog, pihak IFI-LIP Yogyakarta juga membagikan doorprize untuk para siswa yang bisa menjawab kuis.

Direktris IFI-LIP Yogyakarta Sarah Camara sangat terkesan dengan atusiasme dan sambutan para siswa tersebut. “très bon accueil bon niveau de francais des eleves(untuk tingkat anak SMA, Bahasa Prancisnya bagus),”ujarnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Cetak Langkah Baru, Tim Nasyid Mansa Voice Juara 3 Lomba Nasyid se-DIY
17 May 2024, 17:31

Kembali Hadirkan Prestasi, Siswi MAN PK MAN 1 Yogya Juara Musabaqah Fahmil Quran 2024
17 May 2024, 17:26

Kemenangan Gemilang: Ganda Campuran MAN 1 Yogya Juara 1 PKM Bulu Tangkis
17 May 2024, 17:17

Juwita Wahyu Zahra, Siswi MAN 1 Yogya, Raih Medali Emas Cabor Pencak Silat POPDA DIY 2024
17 May 2024, 17:09

Kembali Bawa Pulang Piala, Aisyah Qisthy, Siswi MAN 1 Yogya Raih Posisi Pertama Lomba MHQ
17 May 2024, 17:03