Guna Bahan Evaluasi Belajar Para Siswa, MAN 1 Yogyakarta Memulai Asesmen Sumatif Akhir Semester Ganjil T.P 2023/2024

27 Nov 2023, 12:35 MAN 1 Yogyakarta 336

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Seluruh siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta menjalankan rangkaian Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berlangsung selama sepuluh hari. Pelaksanaan ASAS dimulai pada Senin (27/11/2023) hingga Jumat (9/12/2023).

Secara teknis, ruangan ujian pelaksanaan ASAS terbagi menjadi 26 ruang kelas. Dalam setiap ruangan, terisi dua kelas yang berbeda. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kemungkinan adanya kecurangan dari peserta ujian. ASAS dilakukan melalui aplikasi SIDIMAS (Sistem Digitalisasi Madrasah) yang diakses melalui smartphone, tablet, dan laptop. Buktinya adalah para siswa tidak bisa menutup aplikasi tersebut selama ujian. Apabila tertutup, untuk masuk ke dalam aplikasi lagi, memerlukan akses dari panitia ujian. 

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. mengharapkan para siswa dalam melaksanakan ASAS berlaku jujur dan maksimal. Praktiknya adalah para siswa tidak ada perilaku menyontek, kecurangan yang juga butuh pengawasan tegas dari para guru sebagai pengawas ujian. Ia menambahkan bahwa ASAS ini menjadi bahan evaluasi belajar siswa, sehingga betul-betul mempersiapkan dengan matang.

Di hari pertama ASAS, para guru mengadakan sesi briefing pagi sebelum memulai sesi ujian. Wakamad Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc dalam sesi briefing pengawas ujian menyampaikan teknis kepengawasan ujian berupa administrasi, pengawasan, dan tata tertib peserta ujian. Setiap ruangan ujian ditempati dua pengawas, sehingga kepengawasan dapat maksimal. Ia menambahkan bahwa ASAS menjadi ajang evaluasi belajar siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta. Hasil yang datang nantinya menjadi tolok ukur bagi siswa-siswi masing-masing selama satu semester pembelajaran.

Hari pertama ASAS MAN 1 Yogyakarta berjalan dengan baik dan lancar. Tidak ada siswa-siswi yang melakukan kecurangan baik berupa contekan atau lainnya. Hal ini menandakan tingkat kesadaran siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta akan kejujuran sangat tinggi, sehingga ASAS benar-benar dapat menjadi tolok ukur belajar mereka. (ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50