Generasi Cermelang tanpa Narkoba

18 Feb 2016, 17:00 MAN 1 Yogyakarta 826

this used to be photo

Yogyakarta (MAN YK I)-Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi DIY lakukan penyuluhan di MAN Yogyakarta I, kamis(18/2). Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi untuk mencegah penyalahgunaan obat-obatan dan narkoba di kalangan pelajar. Kegiatan ini diikuti oleh segenap siswa utusan dari organisasi dan tiap kelas. Berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, di lantai dua Aula MAN Yogyakarta I.

Kepala MAN Yogyakarta I Drs.H.Suharto mengajak para siswa, untuk siswa yang cerdas dalam memilih teman pergaulan. Menurutnya, teman pergaulan banyak memberi pengaruh.

Ia berpendapat, narkoba terbukti menyebabkan kesengsaraan. “Biar hidup kalian selalu bahagia, maka hindarilah narkoba,”pesannya pada para siswa.

Sementara itu Wakil BNN Propinsi DIY Yudha Trisetiadi, SH. Menyampaikan, saat ini pengedaran narkoba dengan beragam modus. Untuk itu katanya, para siswa harus berhati-hati dan waspada.

Menurutnya, narkoba mempunyai banyak efek negatif, diantaranya menghambat kerja otak dan memperlambat aktivitas tubuh, mengubah dan menyebabkan distorsi tentang persepsi, pikiran, dan lingkungan.

Pemerintah melalui BNN telah membuat regulasi baru terkait penanggulangan bahaya narkoba. Ia menunjukkan peraturan daerah nomor 13 tahun 2010, Penanggung jawab satuan pendidikan diwajibkan membentuk tim/kelompok kerja Satuan Tugas Anti Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif di masing-masing satuan pendidikan.

Untuk menghindari dari pengaruh dan penggunaan narkoba, ia menyarankan pada setiap siswa untuk Aktif pada Organisasi Sekolah, berhati-hati dalam memilih pergaulan, meningkatkan komunikasi Keluarga, mensyukuri semua hal yang diberikan Allah swt.

“Fokuslah, untuk kesuksesan masa depan dan jangan minder, setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahan,”pungkasnya.

Penyuluhan berjalan komunikatif dan menarik, hal ini membuat para peserta aktif bertanya dan sharing pada kegiatan ini. Apalagi bagi setiap peserta yang aktif bertanya mendapatkan doorprize.

Yazid Nur Faturrahman siswa kelas XI MIA 2 mengaku dapat pencerahan, dan informasi penting. Seperti jenis-jenis narkoba, ciri-ciri orang pengguna narkoba, dan modus pengedarannya. “saya lebih waspada, dan mengerti cara menghindari bahaya narkoba,”ujarnya usai mengikuti penyuluhan. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07