Gema Sholawat meriahkan peringatan Maulid Nabi di PP Al-Hakim MAN 1 Yogyakarta

02 Dec 2017, 07:04 MAN 1 Yogyakarta 1856

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)- Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Saudaraku ialah mereka yang belum pernah melihatku tetapi mereka beriman denganku sebagai Rasul Allah dan mereka sangat mencintaiku. Akan tetapi kecintaan mereka kepadaku melebihi cinta mereka kepada anak-anak dan orang tua mereka,”

Seperti yang dilakukan para santri Pondok Pesantren Al-Hakim Asrama MAN 1 Yogyakarta, dalam rangka meningkatkan cinta mereka pada Rasulullah, mereka lantunkan sholawat Nabi pada peringatan hari maulid nabi (12 Rabiul Awwal), Kamis(30/11)malam, di Masjid Al-Hakim lantai 2.

Acara baca sholawat berlangsung meriah, karena diiringi alunan musik hadroh. Udara malam yang dingin sehabis diguyur hujan, tidak mengurangi semangat mereka untuk melantunkan ragam sholawat, dari Kitab Maulid Al Barzanji karya Syeikh Ja'far Al Barzanji itu.

Pengurus dan Pembina Harian Pesantren Abdul Kahfi Amrullah, S.Pd.I. mengatakan, majelis sholawat nabi ini untuk memperingati maulid Nabi. “Sekaligus kita belajar sejarah hidup dari nadzam dan natsar dari kitab tersebut, sehingga kita bisa mengambil suri tauldan dari beliau,”terangnya.

Ia juga berharap agar acara semacam ini(membaca sholawat-red), tidak hanya pada peringatan maulid Nabi saja, tetapi bisa dijadwalkan setiap saat. “mengingat fadhilah(keutamaan) sholawat Nabi itu luar biasa,”ungkapnya.

Tambahnya, dan yang penting pula dari itu, para santri bisa meneladani Nabi Muhammad SAW dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo
05 May 2024, 15:12

Ajak Anggotanya Jalan-Jalan ke Malioboro, Organisasi Mansa Journalist MAN 1 Yogyakarta Adakan Kegiatan Hunting
05 May 2024, 14:59

Dani, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara Harapan 1 dalam Ajang Chemistry Competition
05 May 2024, 09:26

Ikuti Workshop Persiapan Lomba OPSI dan MYRES, Dua Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Pertama Karya Tulis Ilmiah Terbaik
05 May 2024, 08:15

Althav, Siswa MAN 1 Yogyakarta, Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Tingkat DIY
05 May 2024, 07:50