Festival Kesenian Rakyat Meriahkan Api Unggun Perkemahan Bakti MAN 1 Jogja

04 Apr 2019, 01:14 MAN 1 Yogyakarta 1192

this used to be photo

Sleman(MAN 1 YK)—Malam Api Unggun Perkemahan Bakti MAN 1 Yogyakarta meriah dengan Festival Kesenian Rakyat(FKR), Senin(1/4)malam. Ragam kesenian rakyat ditampilkan dengan baik oleh para peserta perkemahan di Bumi Perkemahan Bumi Tangkil, Kemiri, Purwobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prosesi upacara penyalaan Api Unggun berlangsung khidmat. Cuaca malam itu, cerah dan tidak hujan. Para peserta upacara dengan pakaian lengkap berbaris rapi memanjang. Di hadapan mereka, terdapat tumpukan kayu bakar yang disusun menggunung.

Di kegelapan malam, upacara dimulai. Tidak ada pencahayaan, kecuali pada pembawa acara. Tampak sepuluh tim pembawa obor (dasa dharma) berlari dan menyalakan obor mereka secara bergantian sambil melafalkan butir-butir Dasa Dharma Pramuka. Tidak menunggu lama, api unggun pun menyala, menerangi lapangan upacara perkemahan itu.

Soeprastiyono, M.Pd.I selaku Pembina upacara menjelaskan, dalam tradisinya api unggun dimaksudkan sebagai sarana untuk menjaga diri dari binatang buas, menghangatkan diri, isyarat keadaan bahaya, bagian dari upacara keagamaan atau perayaan, atau sebagai perapian untuk memasak makanan.

Lanjutnya, Api Unggun dalam pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan di alam terbuka khususnya pada malam hari. Api unggun sebagai kegiatan di alam terbuka dapat mengembangkan aspek-aspek kejiwaan pada peserta didik, sehingga tepat kiranya jika dikatakan bahwa api unggun merupakan suatu alat pendidikan. Api unggun bukan sebagai alat penyembahan atau untuk disembah.

“Hal itu itu tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan dalam dasa dharma pramuka kesatu yakni ‘Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa’,”tandasnya.

Hangatnya Api Unggun malam itu semakin meriah, dengan hadirnya ragam karya seni dari perwakilan kelas dalam FKR itu, antara lain teaterikal kisah klasik; Malin Kundang, Ramayana, go green, tarian klasik dan tarian kombinasi.(dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Cetak Langkah Baru, Tim Nasyid Mansa Voice Juara 3 Lomba Nasyid se-DIY
17 May 2024, 17:31

Kembali Hadirkan Prestasi, Siswi MAN PK MAN 1 Yogya Juara Musabaqah Fahmil Quran 2024
17 May 2024, 17:26

Kemenangan Gemilang: Ganda Campuran MAN 1 Yogya Juara 1 PKM Bulu Tangkis
17 May 2024, 17:17

Juwita Wahyu Zahra, Siswi MAN 1 Yogya, Raih Medali Emas Cabor Pencak Silat POPDA DIY 2024
17 May 2024, 17:09

Kembali Bawa Pulang Piala, Aisyah Qisthy, Siswi MAN 1 Yogya Raih Posisi Pertama Lomba MHQ
17 May 2024, 17:03