Diklat Guru MAN 1 Yogyakarta: Meningkatkan Inovasi dan Menjawab Tantangan Zaman

21 Sep 2018, 02:37 MAN 1 Yogyakarta 887

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)- Perubahan dan tantangan zaman yang sangat dinamis wajib diantisipasi oleh semua anak bangsa, apalagi lembaga pendidikan. Ditambah lagi perkembangan teknologi digital yang sangat cepat, tentunya lembaga pendidikan harus mampu mengadaptasi dan menyiapkan peserta didiknya untuk mampu bersaing di era global, dan mampu menjawab tantangan zaman.

Hal tersebut, mengemuka dalam pembukaan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Guru MAN 1 Yogyakarta dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru yang Inovatif dan Berkarakater Menuju Madrasah Ramah Anak”, yang dihadiri Kabid Dikmad Kanwil Kementerian Agama DIY H. Nadhif .S.Ag MSI., Sabtu(15/9), di aula lantai 2.

Wakil Kepala MAN 1 Yogyakarta Bidang Kurikulum Taufik Zamhari, M.Sc. menerangkan, kegiatan ini berlangsung selama lima hari (15-20 September 2018). Adapun materinya seputar penggunaan E-Learning, bekerjasama dengan Geschool dan Primemobile sebagai pihak penyedia layanan sistem pembelajaran berbasis jaringan internet.

Taufik berharap dengan enovasi baru ini, yaki pembelajaran berbasis online, pembelajaran berjalan secara efektif dan efesien. “Siswa bisa lebih mandiri, orang tua dan guru pun dapat dengan mudah memantau prestasi dan kegiatan siswa,”ujarnya.

Diklat ini kata Taufik, merupakan inovasi dan langkah-langkah madrasah ini, untuk mencari metode pembelajaran dan pedekatan yang tepat, sehingga para guru dan siswa siap lebih dini. “Dengan pendekatan yang tepat, karakter siswa akan menjadi lebih baik lagi,”tandasnya.

Senada dengan Taufik, Kepala MAN 1 Yogyakarta juga mengajak, seluruh civitas akademika dapat bekerjasama untuk meningkatkan prestasi dan mewujudkannya menjadi madrasah unggul.

“Mari bersama-sama, berkomitmen,”pintanya. “Baru hari Jumat kemarin, alhamdulillah, nilai akriditasi madrasah ini A, sembilanpuluh delapan, Kerja keras luar biasa,”imbuhnya, tepuk tangan meriah sambut kabar gembira itu.

Kegiatan siang itu juga mendapatkan apresiasi Kabid Dikmad Kanwil Kementerian Agama DIY H. Nadhif .S.Ag MSI. Sebelum membuka kegiatan, ia menyampaikan, inovasi, kreatifitas dan banyak upaya telah dilakukan madrasah ini. “Saya sangat apresiasi. Saya bersyukur ada diklat untuk peningkatan kompetensi guru dan inovasi seperti ini,”ujarnya.

Nadhif mengungkapkan, banyak program yang sangat strategis. Namun semua itu harus disiapkan dengan baik. “Menata hati kita. Kalau spiritual kita sudah disiapkan, insya Allah menjadi baik,”ujarnya.


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07