Cegah Peredaran Narkoba, MAN 1 Yogyakarta Lakukan Tes Urine untuk Siswa Baru

19 Aug 2017, 22:49 MAN 1 Yogyakarta 1040

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1YK)-Penyalahgunaan Narkotika dan obat/bahan berbahaya(Narkoba) masih mengancam generasi penerus bangsa. Walaupun banyak korban dan hukum berat bagi pengguna dan pengedarnya telah ditegakkan, ternyata tidak serta-merta peredaran bahan adiktif tersebut surut atau berhenti. Bahkan Indonesia masuk dalam status “Darurat Narkoba”, karena penyebarannya begitu massif pada semua kalangan.

Mengingat akan pentingnya permasalahan tersebut, Satgas Anti Narkoba sebuah Organisasi Bidang(Orbid) OSIS MAN 1 Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Propinsi(BNNP) DIY, adakan tes urine untuk siswa baru, Kamis(17/8) usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI, di Aula lantai 2.

Ada 230 siswa kelas X telah mengikuti tes urine yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.30 itu di dampingi Bimbingan Konseling dan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan.

Ketua Orbid Satgas Anti Narkoba Latif Briliant menuturkan, tes urine bagi siswa baru ini diadakan tiap tahun, serta merupakan langkah awal untuk mencegah peredaran obat terlarang tersebut. “Jadi mindset kita adalah agar kita tahu sejak dini mana yang sudah menggunakan obat-obatan itu,”ujarnya.

Staf Wakamad Bidang Kesiswaan Soeprastiyono, M.Pd.I. menyampaikan, apabila dalam tes urine ini, ditemukan siswa positif menggunakan narkoba, maka siswa tersebut akan mendapatkan penanganan dan pengobatan secara langsung dari BNNP DIY.

Tampak pelaksanaan tes urine siang hari itu berlangsung tertib dan lancar. Selain itu, sembari menunggu antrian panjang tes urine, para siswa juga mengantri berfoto untuk pembuatan kartu pelajar dan fingerprint untuk daftar hadir. (ysf/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01