Cegah Penyalahgunaan Narkoba, MAN 1 Yogyakarta Adakan Tes Urine untuk Siswa Baru

21 Aug 2018, 00:58 MAN 1 Yogyakarta 903

this used to be photo

Yogyakarta(MAN 1YK)—“Mencegah lebih baik daripada mengobati”, ungkapan tersebut, sangat tepat untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba dan peredarannya di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar. Oleh sebab itu MAN 1 Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Nasional Narkotika Propinsi D.I.Yogyakarta (BNNP-DIY) selenggarakan Tes Urine untuk siswa baru, Senin(20/8), di aula lantai 2.

Ada enam petugas dari BNNP-DIY yaitu, Aris Subagya, S.Sos, Lisa Sunaryo Putri, S.Psi., Santy Dwi K, SKM., Sudiyono, Didik Nugroho, Amd, dan Dana. Dalam menjalankan pemeriksaan, mereka juga dibantu oleh sepuluh siswa anggota Satgas Anti Narkoba MAN 1 Yogyakarta.

Tes Urine berlangsung tertib dan lancar mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Semua siswa baru menjalani tes urine, berurutan sesuai kelas masing-masing.

Guru Bimbingan Konseling(BK) Farah Husna, M.Pd menerangkan, kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun pelajaran baru, khususnya untuk kelas X atau siswa baru, yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, khususnya siswa MAN 1 Yogyakarta. Hasil tes urine ini akan ditindaklanjuti bersama BNNP-DIY.

Farah menambahkan, selain tes urine seperti ini, sosialisasi dan informasi tentang dampak negative dan bahaya penyalahgunaan narkoba juga terus dilakukan oleh civitas akademika. Antara lain, mereka membentuk Satuan Tugas Anti Narkoba dari siswa, di bawah bimbingan langsung Bimbingan Konseling, serta menjalin kerjasama dengan BBNP-DIY.

Ketua Satgas Anti Narkoba MAN 1 Yogyakarta Afifah Nurhilmiyah kelas XII IPA 3 menjelaskan, diantara program organisasi ini, adalah menjalin kerjasama dengan seluruh Satgas Anti Narkoba Sekolah Se-DIY. “Semoga madrasah ini(MAN 1 Yogyakarta) terbebas dari penyalahgunaan narkoba,”harapnya, saat ditemui di Kantor Bimbingan Konseling. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Latihan Rutin Terakhir Menjelang Persiapan PTA L dan Mahabakti XXXVI
09 May 2024, 07:48

Tim Satgas Galaksi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Raih Juara 1 pada Perlombaan LCC Hipnotic 8
08 May 2024, 14:38

Azka Maulana, Siswa MAN 1 Yogyakarta Sukses Tempati Juara 2 pada Ajang Kejurda FORKI DIY 2024
08 May 2024, 12:38

Nadila Nur Thifa, Siswi MAN 1 Yogyakarta Berhasil Rebut Medali Perak pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII Open Karate Championship
08 May 2024, 11:40

Kembali Torehkan Prestasi, Azka Maulana Bawa Pulang Medali Perunggu pada Kejuaraan Sunan Kalijaga Cup XII
08 May 2024, 11:15