Calya, Siswi MAN 1 Yogya Jadi Delegasi Konferensi Virtual Internasional

13 Aug 2021, 23:10 MAN 1 Yogyakarta 984

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1YK)—Semangat ‘Go International’ MAN 1 Yogyakarta semakin nyata, seperti tagline yang selalu dipekikkan dalam berbagai kesempatan, “Prestasi tiada henti, cerdas dan Islami, menuju kelas dunia”. Hal itu dibuktikan dengan prestasi siswa MAN 1 Yogyakarta di kompetisi internasional, seperti bidang sains, robotik dan ekonomi kreatif.

Bahkan dalam waktu dekat ini, Calya Putri Rafa Aufinda, siswi kelas 12 Jurusan Bahasa, MAN 1 Yogyakarta terpilih menjadi delegasi forum internasional, Asia World Model United Nations Virtual Conference, yang diselenggarakan oleh Asia World Model United Nations, pada Jumat-Ahad(27-29/08/2021) mendatang.

Siswi yang akrab disapa Calya ini menuturkan, kegiatan ini digelar untuk umum. ungkapnya, yang menentukan lolos tidaknya dalam seleksi adalah motivasi calon peserta untuk mengikuti virtual conference tersebut, yang disampaikan dalam Bahasa Inggris tentunya.   

Saat dikonfirmasi via Whatsapp, Jumat(13/08/2021) sore,  Siswi kelahiran Makassar, 4 Desember 2003 ini, mempunyai motivasi yang kuat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, dalam forum internasional tersebut ia ingin meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris dan menambah pengetahuan tentang isu-isu yang terjadi di dunia.  Selain itu ia juga ingin mempunyai teman dari luar negeri agan bisa diajak diskusi.

“Saya juga ingin berpartisipasi dalam mencegah diskriminasi  terhadap orang-orang Asia yang masih dipandang rendah oleh beberapa Negara Barat yang berdampak pada individual maupun kelompok,” ujar siswi berparas cantik, putri dari Taufik Hidayat, SE dan Melinda Tenri Sumpalang itu.

Tentu bahasa utama yang akan digunakan dalam forum tersebut adalah Bahasa Inggris. Dalam penguasaan Bahasa Inggris, Calya punya cara, yaitu menerapkan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari. Contohnya, menonton film, mendengarkan lagu, dan membaca novel berbahasa inggris.

“Jika ada kata yang kurang dimengerti, saya catat dan saya terjemahkan memakai aplikasi. Tidak lupa peran orang tua saya dalam hal ini, mereka sering mengajak saya berbicara Bahasa Inggris sebagai kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari,” pungkasnya.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd. menyampaikan apresiasi atas prestasi dan kreativitas Calya. Ia berharap, Calya dapat berperan aktif dalam forum simulasi sidang PPB tersebut dan akan bertemu dengan komunitas internasional yang akan membahas isu-isu dan problematika mancanegara, serta solusinya.

“Mohon doa restunya Bapak Kakanwil DIY,  semoga Calya bisa menjadi the best delegate AWMUN 2021, dan dapat mengharumkan nama MAN 1 Yogyakarta dan Indonesia di forum konferensi internasional tersebut...amin,” harapnya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07