Bangun Kekompakan, KPGR Lebah Gunung MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan Arung Jeram

23 Aug 2017, 05:16 MAN 1 Yogyakarta 1368

this used to be photo

Magelang(MAN 1 YK)-Udara yang sejuk nan segar, saat menyusuri sungai menjadi pengalaman yang asyik dan menyenangkan, serta tak terlupakan. Seperti Arung Jeram(Rafting) yang diselenggarakan Kelompok Petualang Gunung dan Rimba (KPGR) Lebah Gunung MAN 1 Yogyakarta, Ahad(20/8),di Sungai Elo Magelang Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 26 siswa dan guru pendamping.

Ketua KPGR Lebah Gunung Basith Fauzan Silmi kelas XII IPA menerangkan, Rafting ini menjadi sarana untuk praktik materi ruang yang diajarkan kepada anggota KPGR beberapa waktu lalu. Lanjutnya, untuk meningkatkan kekompakan dan komunikasi antar anggota, serta melatih dalam kerjasama, kedisiplinan, dan tanggung jawab.

Basith menambahkan, demikian sapaan akrabnya, walaupun dalam kegiatan ini secara kasat mata adalah permainan, akan tetapi banyak pelajaran yang bisa dipetik.

“Kita bisa belajar dari alam, alam ini kita yang menikmati, maka kita pula yang harus merawatnya,”ujarnya.

Lanjut Basith, kelompok pecinta alam ini bukan tempat untuk bermain-main, walaupun dalam kegiatannya banyak sekali permainan. Namun ungkapnya, setiap kegiatan dalam organisasi bidang ini, ada tata tertib dan aturan, serta standard operating procedure(SOP) yang harus dijalankan dan ditaati. “Misalnya dalam Rafting, saat melawati jeram itu ada SOP yang harus ditaati, kalau tidak akan berbahaya,”tandas Basith.

Ada lima perahu karet yang digunakan dalam Rafting menyusuri Sungai Elo itu, yang memakan waktu sekitar tiga jam. Walaupun debit air di sungai itu berkurang karena musim kemarau, akan tetapi Arung jeram berjalan lancar.

Pembimbing KPGR Lebah Gunung M.Zeni, MA. berharap, agar kegiatan ini dapat memupuk rasa tanggung jawab dan membiasakan mereka, untuk selalu memperhitungkan sebelum melakukan segala sesuatu, dan taat kepada pemimpin.

“Mereka harus bekerjasama, dan berhitung sebelum bertindak, karena ternyata mereka akan kelelahan untuk mendayung apabila sering menceburkan diri ke sungai dalam waktu lama, apalagi pada arus yang deras,”tutur Zeni, guru bahasa Inggris itu.

Zeni menambahkan, Rafting sangat cocok untuk refreshing dan mengatur kesimbangan, apalagi sepanjang 12 kilometer sebelah kiri dan kanan pinggiran sungai banyak pohon yang rimbun nan hijau. “Udaranya Fresh,”kesannya. (dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01