Angkat Cerita Rakyat Papua, Siswi MAN 1 Yogyakarta Juara Satu Lomba Story Telling Nasional

30 Jul 2021, 15:28 MAN 1 Yogyakarta 1249

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK)--Tetap bisa berprestasi meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir. Berbagai media sosial dapat digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam menyalurkan prestasinya. Seperti Onestya Nabila Hasna siswi kelas XI MIPA 4, MAN 1 Yogyakarta, yang baru-baru ini berhasil raih juara 1 lomba Story Telling tingkat nasional, melalui Instagram yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Semarang, Ahad (25/07/2021) kemarin.

Ones, begitu sapaan akrabnya, saat dihubungi menceritakan, dalam kesempatan lomba kali ini, ia mengangkat tema cerita rakyat dari Papua dengan judul “Break The Sun” atau dalam bahasa Indonesia “Memecah Matahari”.

“Sebenarnya temanya bebas, tapi saya memilih cerita rakyat Indonesia, di samping untuk melestarikan budaya Indonesia, lebih mengenalkan cerita rakyat kepada para siswa SMA, cerita rakyat juga memberikan ruang lebih kepada saya untuk berekspresi," ungkap siswi kelahiran Magelang, 9 Agustus 2004,  putri dari  Nisa Fidyati dan Sarwo Agus Mulyono itu.

Tuturnya, ia merasa  senang dan bangga ketika bisa memenangkan juara, terlebih passion-nya memang di bidang Bahasa Inggris, bercerita dan acting, sehingga kejuaraan tersebut semakin memacu semangatnya untuk terus lebih maju lagi.

Lomba story telling ini, lanjutnya, dilaksanakan selama rentang waktu, 21 Juni 2021 hingga 15 Juli 2021. Berbagai persiapan diupayakan oleh Ones.  Antara lain memilih cerita rakyat yang orisinil dan belum banyal dikenal orang, sehingga memilih cerita rakyat dari Papua, menceritakan kembali dalam Bahasa Inggris dan berlatih menceritakan Kembali.

Selain dari persiapan Ones sendiri, kejuaraan yang diraih pun tidak luput dari peran madrasah. “Madrasah mendukung dan memberi bimbingan dan evaluasi dalam latihan untuk tampil lebih baik," imbuhnya.

Ia juga menyampaikan dan berpesan pada para siswa lain agar tidak malas dan berani mencoba dan berusaha lebih keras. (ksa/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07