4 Duta Ambalan Pramuka MAN 1 Yogyakarta Kembangkan Soft Skill dan Hard Skill dalam Raimuna DIY 2024

07 Sep 2024, 14:12 MAN 1 Yogyakarta 75

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) - Raimuna Tingkat Daerah Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024 (Raimuna DIY 2024) telah terlaksana pada Kamis (22/8) hingga Minggu (25/8). Kegiatan Raimuna DIY dilaksanakan di Bumi Perkemahan Banyunibo, Cepit, Bokoharjo, Sleman, DIY. Sebanyak 4 orang perwakilan Pramuka MAN 1 Yogyakarta mengikuti kegiatan ini dan tergabung dalam Kontingen Cabang Kota Yogyakarta, dengan rincian 2 umpi putra dan 4 umpi putri.

Terdapat 6 macam kegiatan dalam Raimuna DIY 2024, yakni Kegiatan Umum, Kegiatan Khusus, Kegiatan Paralel, Kegiatan Wisata, Kegiatan Pengabdian Masyarakat, dan Kegiatan Keterampilan. Kegiatan Umum terdiri dari ibadah, olahraga, upacara pembukaan, apel pagi dan sore, malam sugeng rawuh, permainan tradisional, malam wirajaya, dan korve. Kegiatan Khusus terdiri dari festival kuliner, pentas seni, temu bindamping, dan temu pinkoncab. Selanjutnya Kegiatan Paralel terdiri dari berbagai seminar antara lain seminar peduli lingkungan, seminar anti narkoba, seminar peduli cagar budaya, dan seminar manajemen risiko. Kegiatan lainnya yakni Kegiatan Wisata, Kegiatan Pengabdian Masyarakat, dan Kegiatan Keterampilan terdiri dari kunjungan ke Akademi Angkatan Udara, kunjungan ke Gedung Agung, peduli candi di Candi Banyunibo, penanaman bibit, pelatihan dapur lapangan, pelatihan _snake handling_, pelatihan pengelolaan sampah, dan lain sebagainya.

"Kegiatan Raimuna Daerah DIY 2024 sangat berkesan karena bisa menambah relasi yang cukup luas mulai dari kontingen cabang sendiri yang dimana kita tidak hanya satu pangkalan melainkan beberapa pangkalan dijadikan satu, selain itu relasi antar kontingen cabang lain mulai dari Sleman, Bantul, Gunung Kidul, dan Kulon Progo. Melalui kegiatan ini juga kami bisa mengembangkan _soft skill_ dan _hard skill_.  Harapannya untuk kegiatan ini selanjutnya lebih dipersiapkan dengan matang lagi supaya kesannya bisa makin _perfect_," ucap Aufaa salah satu perwakilan dari Pramuka MAN 1 Yogyakarta.

Raimuna DIY 2024 ini berjalan dengan lancar dan para peserta merasa sangat bahagia. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan semoga para peserta dapat mengambil manfaat tersebut untuk kedepannya serta membagikan pengalamannya untuk teman-teman pramuka di MAN 1 Yogyakarta. (amk)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Ramadani Adinata Bawa MAN 1 Yogyakarta Kembali Juara Nasional di Bulan September Ini
15 Sep 2024, 11:18

Pertahankan Jumat Berkah, MAN 1 Yogyakarta Raih Prestasi Tiada Henti, Cerdas, dan Islami, Berkelas Dunia
13 Sep 2024, 20:14

Perkuat Kesiapsiagaan: MAN 1 Yogyakarta Adakan Mitigasi Bencana Kebakaran
11 Sep 2024, 20:06

Hadapi Tantangan Mengajar, Guru-Guru Rumpun Bahasa MAN 1 Yogyakarta Adakan Pertemuan MGMP Internal
10 Sep 2024, 18:45

MAN 1 Yogyakarta Adakan Pelatihan P3K untuk Guru dan Tenaga Kependidikan
09 Sep 2024, 14:06