Tumbuhkan Jiwa Demokrasi, MAN 1 Yogyakarta Ajak Siswa-Siswi Simulasi Sidang Paripurna di DPRD D.I. Yogyakarta

13 Oct 2023, 07:51 MAN 1 Yogyakarta 251

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Dalam rangka melaksanakan kegiatan P5 yang bertemakan “Suara Demokrasi dan Kearifan Lokal”, MAN 1 Yogyakarta ajak siswa-siswi lakukan Simulasi Sidang Paripurna di gedung DPRD Provinsi DIY pada Kamis (12/10/23). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 11 serta perwakilan dari kelas 10 dan kelas 12.

Kegiatan simulasi sidang ini bertujuan mengasah jiwa demokrasi siswa-siwi MAN 1 Yogyakarta agar dapat menyuarakan aspirasi dan membuat keputusan dari hasil musyawarah. Rangkaian acara dimulai dengan doa bersama di halaman depan gedung DPRD. Dikarenakan kapasitas gedung yang tidak bisa menampung seluruh siswa, maka siswa dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama akan melakukan simulasi sidang terlebih dahulu, sedangkan kloter dua dimulai dengan Walking Tour ke Benteng Vredeburgh.

Kegiatan persidangan dibuka dengan sambutan oleh Sekretaris DPRD DIY dan dilanjutkan dengan persidangan yang dipimpin oleh seluruh Ketua Umum Organisasi Bidang (ORBID) MAN 1 Yogyakarta serta Ketua OSIS sebagai Badan Eksekutif. Sesi ini siswa-siswi membahas mengenai tata tertib madrasah.

Berbagai pendapat diajukan oleh masing-masing komisi terkait ketentuan berseragam hingga mengenai sholat berjamaah. Teknis persidangan diatur bagi setiap komisi memiliki juru bicara yang bertugas menyampaikan aspirasi dari anggota kepada pimpinan sidang dan seluruh keputusan ada di tangan Badan Eksekutif. 

Ruang sidang menegang ketika beberapa komisi beradu pendapat serta saling memperjuangkan pendapat masing-masing. Sanggah menyanggah bukanlah hal asing yang terjadi pada simulasi sidang paripurna tersebut dan tidak sedikit ditemukan juru bicara yang saling sanggah antar komisi. Sesi beradu pendapat ditutup dengan beberapa peraturan yang akhirnya ditetapkan oleh Badan Eksekutif berdasarkan mufakat.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, S.T. ikut hadir dalam kegiatan Simulasi Sidang Paripurna MAN 1 Yogyakarta di Gedung DPRD DIY. Ia menyampikan dalam sambutannya terkait gambaran berjalannya sidang paripurna DPRD DIY dan menyambut siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta yang melaksanakan simulasi.
 
“Saya melihat kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat. Kegiatan ini mengantarkan siswa-siswi mengenal teknis sidang paripurna dan fungsi DPRD dalam kebijakan publik. Kami sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan membuat kebijakan yang bermanfaat bagi orang banyak,” tuturnya menutup kegiatan simulasi sidang paripurna pada hari ini. (nay/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07